Kunci Anti Korupsi, Djarot Menilai Baik Terbitnya PP 43 Tahun 2018

Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan Dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Kunci Anti Korupsi, Djarot  Menilai Baik Terbitnya PP 43 Tahun 2018
TRIBUN MEDAN/FATAH BAGINDA GORBY
Djarot Saiful Hidayat saat melakukan kunjungan ke DPC PDIP Kabupaten Karo, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun-Medan,Fatah Baginda Gorby

 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Calon Anggota Legislatif Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dapil Sumut III, Djarot Saiful Hidayat memberikan apresiasinya terkait PP nomor 43 tahun 2018. 

Menurut Djarot, peraturan yang mengatur tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan Dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi  itu merupakan jurus jitu pemerintah menjaring koruptor. 

"Ini bentuk keseriusan pemerintah dalam menangani tindak pidana korupsi. Para koruptor itu akan semakin sulit melakukan korupsi karena masyarakat menjadi pengawasnya," ujarnya, Jumat (12/10/2018). 

Hal tersebut disampaikan Djarot usai menghadiri acara Rapat Koordinasi Cabang DPC PDIP Siantar di Siantar Hotel, Sumut. 

Dalam peraturan tersebut,lanjut Djarot masyarakat diberikan reward terhadap keberaniannya melaporkan tindak pidana korupsi. Serta pemerintah dan aparat bertanggungjawab terhadap pelapor atas keselamatannya sebagai saksi. 

Bagi caleg untuk daerah Karo, Simalungun, Siantar, Tanjungbalai, Langkat, Dairi Pakpak Bharat, Batubara, Asahan dan Tanjungbalai itu, PP 43/2018 berimplikasi positif bagi sistem politik tanah air. 

"Banyak kepala daerah yang tersandung kasus korupsi dikarenakan saat kampanye ia melakukan money politics. Biaya politik yang tinggi membuat sebagian kepala daerah mengambil jalan pintas melakukan tindak pidana korupsi," ucapnya. 

Djarot menjelaskan keberadaan peraturan tersebut akan meningkatkan wibawa negara dan pemerintahan Presiden Joko Widodo. 

Halaman
12
Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help