Nikmati Enaknya Pempek Khas Palembang Rasa Medan di Dapoer Njonja

Di Dapoer Njonja, meski menyediakan makanan khas Palembang dan Jawa, namun semua menu di dapur ini sudah disesuaikan dengan lidah orang Medan

Nikmati Enaknya Pempek Khas Palembang Rasa Medan di Dapoer Njonja
Tribun Medan/Septrina Ayu Simanjorang
Pempek khas Palembang legendaris sejak 1998 yang di jual di Dapoer Njonja yang terletak di Jalan Karyawisata Nomor 30 C, Medan Johor. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Septrina Ayu Simanjorang

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN-Masakan khas Palembang atau Jawa sudah sering di temui di Kota Medan. Namun tidak semua lidah yang sudah terbiasa dengan makanan Medan cocok dengan makanan dari kota lain.

Tapi di Dapoer Njonja, meski menyediakan makanan khas Palembang dan Jawa, namun semua menu di dapur ini sudah disesuaikan dengan lidah orang Medan tanpa menghilangkan rasa aslinya.

Salah satu masakan lagendaris yang layak dicicipi di kedai ini adalah Pempek khas Palembang. Sejak 1998, Mertua pemilik kedai makan ini sudah mempunyai kedai Pempek di Palembang.

"Jadi rasanya sama seperti pempek yang kita jual di Palembang. Karena menu bahkan rempahnya semua dari kampung halaman istri saya," tutur pemilik Dapoer Njonja, Aries Setiawan, Kamis (11/10/2018).

Pempek yang disediakan ada empat macam, yakni pempek lenjer, kulit, kapal selam, dan adaan. Pada dasarnya bahan pembuatan pempek adalah adonan ikan tenggiri, tepung, dan rempah-rempah.

Maria (Osin) Gantikan Posisi Luhut sebagai Menko Kemaritiman, Sampaikan Hal Ini saat Pimpin Rapat

Menguak Skandal Atlet Kento Momota, Tepergok Tidur Sekamar dengan Sesama Atlet Bulu Tangkis

Hotman Paris Mendadak Jadi Mak Comblang, Jodohkan Kris Hatta dan Salmafina Sunan

Rian Ernest, Pelapor Fadli Zon yang Pernah Jadi Staf Ahok dan Kritik Anies Baswedan

"Masing-masing pempek ini ada bedanya. Selain bentuknya rasa dan bahannya pun berbeda. Seperti pempek kulit yang terbuat dari kulit ikan tenggiri, pempek adaan itu bahannya pakai daging ikan tenggiri," tutur Aries.

Ia menambahkan pempek adaan mirip bahannya dengan pempek kapal selam. Yang membedakan kedua pempek ini ada pada isiannya. Pempek kapal selam diisi dengan telur sedangkan pempek adaan tidak ada.

"Nanti kita bentuk ditangan seperti berbentuk mangkuk, lalu dimasukkan telur mentah. Setelah itu dibungkus dan direbus," ungkap Aries.

Bupati Dukung OTAROSE Sejahterakan Seniman Pencipta Lagu Karo

 Yasyir Ridho Jabat Ketua Harian DPD Golkar Sumut, Riza Fachrumi Gantikan Irham Buana

Yang tidak bisa terlupakan ketika memakan pempek adalah cuka atau cukonya. Rasanya cuka palembang dominan asam manis, namun ada pedasnya.

Selain pempek, ada pula pindang ikan, pindang daging, dan rujak mie palembang. Rujak mie palembang mirip dengan pempek, namun bedanya rujak mie menggunakan mie dan tahu goreng lalu disiram cuka palembang.

Bek PSMS Kecewa Laga Lawan PS Tira Dimundurkan, Tak Sabar Tumbangkan The Army di Kandang

Susanto Digebukin Warga yang Kesal setelah Peras dan Tusuk Kaki Korbannya

Pemesanan makanan dapat dilakukan dengan datang langsung ke Dapoer Njonja, Jalan Karyawisata Nomor 30 C, Medan Johor. Kedai buka mulai pukul 11.00 WIB hingga sore hari. Kedai ini juga melayani pesanan untuk acara-acara pesta dan pernikahan.

(cr18/tribun-medan. com)

Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved