Gempa Donggala dan Tsunami Palu

Pelajar di Berastagi Gelar Doa dan Galang Dana Untuk Korban Bencana Palu

Kepala Sekolah SMAN 1 Berastagi Alberto Colia, MPd, mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian para akademisi di Berastagi

Pelajar di Berastagi Gelar Doa dan Galang Dana Untuk Korban Bencana Palu
Tribun Medan/Muhammad Nasrul
Kapolsekta Berastagi Kompol Aron Siahaan (empat dari kiri) menyerahkan uang yang terkumpul kepada Pimpinan Bank Sumut cabang Berastagi Siti Meliala (empat kanan), usai doa bersama dan penggalangan dana, di SMAN 1 Berastagi, Jalan Jamin Ginting, Berastagi, Jumat(12/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, BERASTAGI - Ratusan pelajar yang tergabung dari enam Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan di Berastagi, secara serentak melakukan doa bersama di halaman SMAN 1 Berastagi, Jalan Jamin Ginting, Berastagi, Jumat (12/10/2018).

Pada hari yang berkah ini, secara kompak mereka memanjakan doa untuk para korban bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Kepala Sekolah SMAN 1 Berastagi Alberto Colia, MPd, mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian para akademisi di Berastagi kepada para korban bencana yang terjadi pada Jumat (28/9/2018) lalu itu.

"Ini adalah bentuk kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang terkena bencana gempa dan tsunami di provinsi Sulawesi Tengah," ujar Alberto.

Meskipun saat itu hujan turun dengan intensitas ringan, tak menghalangi semangat para pelajar untuk memberikan dukungan moral kepada sesama. Selain doa bersama, pada kesempatan itu juga diisi dengan penggalangan dana.

Kontrakan Tertimpa Longsoran Pondasi Rumah di Sibolga, Empat Orang Meninggal Dunia

Menguak Skandal Atlet Kento Momota, Tepergok Tidur Sekamar dengan Sesama Atlet Bulu Tangkis

Hotman Paris Mendadak Jadi Mak Comblang, Jodohkan Kris Hatta dan Salmafina Sunan

Alberto kembali menyebutkan, melalui kegiatan seperti ini, ditujukan untuk meningkatkan rasa simpati dan empati para siswa.

"Kegiatan ini juga sekaligus sebagai bentuk edukasi kepada peserta didik untuk peduli kepada sesama. Semoga dana yang terkumpul ini bisa mengurangi sedikit beban saudara kita di sana," katanya.

Tak Sanggup Pacaran Jarak Jauh, Pasangan Ini Lakukan Ritual Khusus Sebelum Berpisah

Kapolda Sumut Minta Masyarakat Tidak Percaya Soal Isu Anggur Berformalin dan Apel Berlapis Lilin

Hal senada diungkapkan oleh Penasehat Komite SMAN 1 Berastagi John Nelson Purba, yang mengatakan selain pendidikan ilmu pengetahuan secara formal, para pelajar juga harus memiliki bekal akhlak dan kepribadian yang baik. Dirinya berharap melalui kegiatan seperti ini, rasa kepedulian terhadap sesama para pelajar semakin meningkat.

"Menurut saya ini juga merupakan sebuah pendidikan, kegiatan seperti ini sangat penting diterapkan sebagai edukasi untuk peserta didik, supaya sikap peduli terhadap orang lain dan memberi dapat tertanam dengan baik," ungkapnya.

Forum Kiai Muda Minta Santri Tidak Hanya Jago Agama tapi Punya Skill, Knowledge dan Atitude

Susanto Digebukin Warga yang Kesal setelah Peras dan Tusuk Kaki Korbannya

Kapolsekta Berastagi Kompol Aron Siahaan yang terlihat hadir di acara tersebut, mengapresiasi langkah dari guru dan pelajar di Berastagi. Dirinya mengatakan, penggalangan dana tersebut adalah sebagai rasa peduli terhadap masyarakat yang tertimpa musibah di Palu, Sigi, dan Donggala.

"Melalui kegiatan doa bersama serta penggalangan dana seperti ini semoga dapat terbantu mengurangi beban mereka," katanya.

Yasyir Ridho Jabat Ketua Harian DPD Golkar Sumut, Riza Fachrumi Gantikan Irham Buana

Bek PSMS Kecewa Laga Lawan PS Tira Dimundurkan, Tak Sabar Tumbangkan The Army di Kandang

Kegiatan peduli terhadap sesama ini, turut dihadiri oleh Danramil 03 Berastagi Mayor Muchtar, para tokoh agama, dan Pimpinan Bank Sumut cabang Berastagi Siti Meliala.

Diketahui, uang tunai yang terkumpul dari hasil penggalangan dana kali ini sebesar Rp.18.787. 500. Nantinya, dana tersebut akan disalurkan melalui Bank Sumut cabang Berastagi kepada rekening penyaluran bantuan yang ada di Sulawesi Tengah.

(cr4/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help