Lagu Orang Ketiga, Degradasi Moral Pada Keluarga Batak

Lirik lagu itu bermakna (menceritakan) dalam sebuah keluarga Batak, seorang istri punya selingkuhan seorang lagi laki yang sudah beristri.

Lagu Orang Ketiga, Degradasi Moral Pada Keluarga Batak
thewedding.id
Ilustrasi pernikahan 

TRIBUN-MEDAN.com-Lagu Batak berjudul “Orang Ketiga” yang dinyanyikan Trio Nabasa, sangat populer di kalangan masyarakat Batak di manapun berada saat ini.

Lagu tersebut dinyanyikan pada pesta perkawinan, pesta ulang tahun, bahkan pada acara kemalangan. Pokoknya hampir semua pesta-pesta Batak (baik suka dan duka) lagu “Orang Ketiga” pasti terdengar.   

Memang aransemen musik lagu “Orang Ketiga” yang diciptakan oleh Gun Labero Simarmata itu sangat indah dan enak didengar karena lagu itu berirama pop berpadu dengan rock blues.

Dengan kata lain, sebagai lagu pop “Orang Ketiga” enak didengar di telinga apalagi iramanya pun sangat menghibur.

Tapi bagaimana dari segi makna dan lirik lagu tersebut? Ini yang menjadi kontroversi.

Lirik lagu itu bermakna (menceritakan) dalam sebuah keluarga Batak, seorang istri punya selingkuhan seorang lagi laki yang sudah beristri.

Sementara si suami tidak tahu perselingkuhan sang istri tercinta, walaupun selingkuhan sang istri kerap bertandang ke rumahnya dan dikenalkan kepadanya.

Si lelaki memang menyadari dan mengakui bahwa tindakannya berselingkuh itu salah, tapi dia mencoba membela diri dengan mengatakan bahwa dia tidak bisa membohongi suara hatinya, perasaannya, bahwa dia mencintai istri orang, walaupun dia sendiri sudah punya istri.

Maka dari pembelaan diri ini terkesan seolah olah berpoligami dalam Keluarga Batak itu sah atau mempunyai orang ketiga dalam rumah tangga Batak itu sah.  ……”rela do au hallet mu gabe orang ketiga”………….

Kita tahu bahwa dalam keluarga Batak, dari dulu sampai sekarang, tidak mengenal poligami (beristri dua).

Halaman
123
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved