Melirik Bisnis Jasa Kebaya, tanpa Modal Usaha

Farhani Inesya Putri mengatakan Midodareni Gallery bergerak di bidang wedding solution yang fokus untuk penyewaan baju.

Melirik Bisnis Jasa Kebaya, tanpa Modal Usaha
TRIBUN MEDAN/NATALIN SINAGA
Pemilik Midodareni Gallery, Farhani Inesya Putri di Midodareni Gallery Jalan Ringroad, Medan. Ia merintis usaha ini tanpa modal. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Natalin Sinaga

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN- Banyak orang yang mengingkan pesta pernikahannya menjadi hal yang tidak terlupakan. Termasuk penggunaan kostum yang indah dan elegan.

Namun, bagi sebagian orang, membuat dan membeli gaun pengantin tersebut kurang efisien, pasalnya membutuhkan biaya yang cukup besar dan hanya digunakan sekali.

Pemilik Midodareni Gallery, Farhani Inesya Putri mengatakan Midodareni Gallery bergerak di bidang wedding solution yang fokus untuk penyewaan baju, aksesoris pengantin, make up pengantin dan foto prawedding.

"Awalnya merintis usaha ini, karena saya kesulitan mencari baju untuk acara saya sendiri. Jadi ketika mau foto prawedding saya kesulitan cari pakaian yang sesuai lalu karena harus menjahit dan biaya besar, sehingga saya berpikir untuk buat baju dan sewakan baju pribadi saya," ujar Farhani di Midodareni Gallery Jalan Ringroad, Medan, Selasa (23/10/2018).

Meskipun kedengarannya tidak masuk akal, tetapi perkembangan teknologi saat ini membuat apa yang dulu sulit dilakukan menjadi mudah, termasuk memulai usaha tanpa modal.

"Sebenarnya kita mulai usaha ini tanpa modal, saya mulai menyewakan baju saya pribadi dan tempatnya juga di rumah sendiri, jadi modalnya dulu, hanya handphone saja," ungkap Perempuan kelahiran, Medan, 25 Februari 1989 ini.

Selama empat tahun merintis usaha ini, Farhani mengaku pertumbuhan bisnis ini cukup lambat, namun seiring berjalan waktu, ia pun merasa bisnis ini juga cukup menjanjikan.

"Harga sewa kebaya, mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 3 juta untuk wedding. Kita menyewakan kebaya, per tiga hari, karena kita hitung konsumen ketika ambil kebaya itu satu hari sebelum dan kembali satu hari setelah acara," ujarnya.

Ia menjelaskan kini pihaknya menyediakan beragam jenis model kebaya dengan berbagai pilihan warna dan ukuran. "Baju kita ada yang modern, tradisional, yang modifikasi juga ada, misalnya customer mau yang pakaian adat tapi ada sentuhan modernnya atau sebaliknya, kita bisa sediakan sesuai dengan permintaan customer," kata Farhani.

Halaman
12
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved