BKD Karo Belum Juga Pastikan Lokasi Pelaksanaan Ujian Calon ASN, Ini Jawaban Sekda

Tersendatnya pengumuman ini karena pihaknya masih menunggu keputusan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat.

BKD Karo Belum Juga Pastikan Lokasi Pelaksanaan Ujian Calon ASN, Ini Jawaban Sekda
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Sekda Pemerintah Kabupaten Karo, Kamperas Terkelin Purba 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.COM, KABANJAHE - Setelah diumumkannya hasil verifikasi administrasi berkas Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Minggu (21/10/2018) lalu, para pendaftar yang dinyatakan lolos selanjutnya akan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Namun untuk wilayah Kabupaten Karo, hingga saat ini belum dapat diketahui pasti kapan dan di mana pelaksanaan tes tahap kedua tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karo Drs Kamperas Terkelin Purba M.Si, menyebutkan tersendatnya pengumuman ini karena pihaknya masih menunggu keputusan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat.

"Belum bisa kita umumkan dek, karena perwakilan Kantor Regional BKN Sumut lagi ke Jakarta untuk konfirmasi ke BKN pusat. Surat yang kita kirim juga belum dibalas sama Kanreg Sumut, jadi kita juga belum bisa memastikan kapan tesnya. Tapi kalau memang lokasinya nanti harus di sini, kita sudah dapat gambaran di mana, cuma belum bisa kita kasih tau," ujar Terkelin, Kamis (25/10/2018).

Dirinya mengungkapkan, sebelumnya Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Karo telah menyurati BKN Sumut untuk meminta lokasi tes dilakukan di Medan. Karena mempertimbangkan beberapa faktor untuk keamanan dan kenyamanan para peserta yang akan mengikuti tes. Sebab, para pelamar tidak hanya datang dari Kabupaten Karo saja, bahkan dirinya menyebutkan ada juga pelamar yang diketahui dari luar Provinsi Sumatera Utara.

"Kan kasihan kalau tempat tesnya jauh-jauh, pasti berimbas ke faktor lain seperti angkutan, dan kan enggak mungkin semua pelamar punya saudara di lokasi tes, jadi kita pikirkan juga mereka nantinya tinggal di mana," katanya.

Berdasarkan surat edaran dari BKN pusat, diketahui tes SKD akan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober - 17 November 2018. Namun dirinya menyebutkan, jadwal tersebut masih bersifat tentatif. Terlebih, pihaknya belum mendapat kepastian dari BKN, maka ia berharap kepada peserta yang dinyatakan lolos untuk sedikit bersabar.

Sebagai informasi, dalam penerimaan CPNS 2018 ini, Kabupaten Karo menerima berkas pendaftaran sebanyak 4731 pelamar. Kemudian, setelah beberapa hari dilakukan proses verifikasi, tim seleksi menetapkan 4208 orang yang dinyatakan lolos dalam seleksi tahap awal.

"Kemarin setelah selesai verifikasi, hasilnya juga langsung kita umumkan besoknya. Bagi para peserta, silakan saja langsung melihatnya di portal Pemkab," ucapnya.

Dari angka tersebut, tercatat 3053 orang lolos administrasi ke formasi tenaga pengajar, formasi teknis 772 orang, sedangkan kesehatan sebanyak 378 peserta. Dari tiga formasi tersebut, diketahui Kabupaten Karo hanya menerima lulusan sebanyak 351 orang.

(cr4/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved