Meski Diributin Fadli Zon Cs, Dana Kelurahan Rp 3 Triliun Cair Tahun 2019

Dengan perubahan ini, Dana Kelurahan Rp 3 triliun dialokasikan di dalam pos Transfer ke Daerah.

Meski Diributin Fadli Zon Cs, Dana Kelurahan Rp 3 Triliun Cair Tahun 2019
Warta Kota/Henry Lopulalan
Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, yang juga Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia 

TRIBUN-MEDAN.com - Meski sempat diributin Fadli Zon Cs, Badan Anggaran DPR RI bersama Kementerian Keuangan menyepakati alokasi untuk Dana Kelurahan Rp 3 triliun dalam RAPBN 2019.

Secara keseluruhan, Banggar dan pemerintah dalam kesempatan yang sama menyepakati alokasi untuk Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun depan Rp 826 triliun.

"Iya (sudah disepakati), berlaku tahun depan," kata Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Astera Primanto Bhakti usai rapat di DPR RI, Kamis (25/10/2018).

Prima menjelaskan, ada perubahan mekanisme penyaluran Dana Kelurahan dalam rapat bersama Banggar sejak sore tadi.

Perubahan dari yang awalnya dimasukkan ke dalam Dana Desa digeser jadi masuk Transfer ke Daerah. Dengan kesepakatan tersebut, nominal Dana Kelurahan dipastikan sebesar Rp 3 triliun.

Teknis penyaluran Dana Kelurahan akan dibahas lebih lanjut dalam rapat kerja selanjutnya, sekaligus merampungkan keseluruhan postur RAPBN 2019.

Kementerian Keuangan bersama Badan Anggaran DPR RI menyepakati nilai Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) untuk RAPBN 2019 sebesar Rp 826 triliun. Alokasi nilai TKDD ini meningkat sekitar Rp 60 triliun dari APBN 2018 sebesar Rp 766,16 triliun.

"Alokasi TKDD sebesar 826 triliun tahun depan sudah termasuk dengan perubahan untuk Dana Desa, dari sebelumnya Rp 73 triliun dan jadi Rp 70 triliun serta Rp 3 triliun untuk Dana Kelurahan," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat rapat bersama Banggar di DPR RI, Kamis (25/10/2018) malam.

Dalam pembahasan sebelumnya, sempat diusulkan bahwa Dana Kelurahan digabung dengan Dana Desa, sehingga alokasi yang awalnya hanya Rp 70 triliun untuk Dana Desa ditambah Rp 3 triliun untuk Dana Kelurahan.

Dengan perubahan ini, Dana Kelurahan Rp 3 triliun dialokasikan di dalam pos Transfer ke Daerah.

Halaman
1234
Editor: Tariden Turnip
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved