Di Pasar Buah Berastagi, Trotoar Beralih Fungsi Jadi Lahan Parkir

Ia menyebut, parkir yang memakan jalan ini sangat mengganggu dan merugikan para pejalan kaki yang ada di sana.

Di Pasar Buah Berastagi, Trotoar Beralih Fungsi Jadi Lahan Parkir
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Petugas parkir mengarahkan mobil yang akan menepi di kawasan Pasar Buah, Jalan Gundaling, Berastagi, Minggu (28/10/2018). Parkir yang melebihi batas hingga ke trotoar tersebut dikeluhkan oleh pejalan kaki.  

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.COM, BERASTAGI - Sejumlah pejalan kaki yang sedang melintas di kawasan Pasar Buah, Jalan Gundaling, Berastagi, mengeluhkan buruknya penataan parkir di lokasi tersebut.

Pasalnya, sejumlah trotoar yang berada tak jauh dari lokasi tersebut terpakai untuk menyimpan sejumlah kendaraan milik wisatawan.

Seorang warga sekitar Faisal Ginting, mengungkapkan keadaan ini terjadi pada setiap hari libur atau hari besar lainnya.

Ia menyebut, parkir yang memakan jalan ini sangat mengganggu dan merugikan para pejalan kaki yang ada di sana.

"Ini jelas sangat menganggu, selain itu juga menyebabkan kemacetan karena pejalan kaki yang harusnya jalan di trotoar malah berebut sama kendaraan yang melintas. Harusnya petugas parkir juga memahami fungsi dari trotoar ini, agar objek wisata yang kita banggakan ini tidak semrawut," ujar Faisal.

Pantauan www.tribun-medan.com, Minggu (28/10/2018) sore, di depan Taman Mejuah-Juah yang lokasinya tak jauh dari pasar buah, petugas parkir mengarahkan mobil-mobil pengunjung hingga ke trotoar. Keadaan ini, tentu sangat mengganggu fasilitas yang seharusnya digunakan untuk para pejalan kaki.

Melihat hal ini, pria 46 tahun itu mengungkapkan kesadaran untuk tertib bagi masyarakat masih kurang. Dirinya juga menyesalkan para petugas parkir yang mengatur kendaraan tidak mengarahkan ke tempat semestinya.

"Sebaiknya kita taati peraturan pemerintah, supaya lancar. Saya mewakil masyarakat meminta kepada Dishub Karo agar menertibkan parkir di sepanjang trotoar di Brastagi di sapu bersih. Supaya kita jalan kaki juga enak, itu kan haknya pejalan kaki," ucapnya.

Seorang pejalan kaki lainnya Hendri mengungkapkan, memang Pasar Buah merupakan salah satu destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan saat hari libur. Namun, dirinya berharap agar penataan parkir dan fasilitas lainnya lebih diperhatikan lagi.

"Ini kan untuk kita semua, supaya wisatawan dan warga sekitar tetap nyaman. Baik pengguna kendaraan maupun pejalan kaki bisa menikmati seluruh fasilitas yang ada di sini," pungkasnya.

(cr4/tribun-medan.com) 

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved