Warga Tobasa Pergi ke Karnaval PakaiPakaian Adat Tanpa Dikomando

Ribuan warga Kabupaten Toba Samosir, Sumatra Utara, dan para pelancong, baik dari dalam maupun luar negeri

Warga Tobasa Pergi ke Karnaval PakaiPakaian Adat Tanpa Dikomando
Tribun Medan/Arjuna Bakkara
Kaum ibun menjunjung "manghunti" tandok pada Karnaval Karnaval Pesona Danau Toba untuk ketiga kalinya di Balige, Sabtu (27/10/2018) 

TRIBUN-MEDAN.COM, TOBASA - Ribuan warga Kabupaten Toba Samosir, Sumatra Utara, dan para pelancong, baik dari dalam maupun luar negeri, memadati lokasi pelepasan Karnaval Pesona Danau Toba 2018 di kawasan Soposurung, Balige, Sabtu (27/10).

Meskipun seremoni pelepasan karnaval baru akan dilakukan tiga jam lagi, mereka secara bergelombang sudah berdatangan ke lokasi acara.

Mereka datang dengan menumpang kendaraan dan berjalan kaki, baik secara perorangan dan tidak sedikit juga dengan berkelompok.

Hampir seluruhnya mengenakan pakaian adat, lengkap dengan atribut budaya Batak yang didominasi warna merah.

Para pengisi acara juga sudah beberapa kali melakukan gladi resik, begitu juga tampak sejumlah kendaraan hias sudah terparkir tidak jauh di sisi kiri panggung pelepasan.

Salah seorang pengunjung, Sarida Siagian (36), mengatakan dia datang lebih awal karena tidak ingin terjebak kemacetan dan melewatkan acara pembukaan karnaval.

Karena itu, ibu yang kesehariannya berdagang tersebut datang lebih awal bersama dengan para kerabatnya dan mengenakan baju adat.

"Ini kan Karnaval Pesona Danau Toba, supaya makin mempesona, kami sepakat datang pakai baju adat," ungkapnya.

Ungkapan itu bukan hanya dilontarkan Sarida, beberapa pengunjung lain pun mengungkapkan hal senada. Warga yang tinggal puluhan kilometer dari Balige pun tidak ketinggalan datang lebih awan dan mengenakan pakaian adat, tanpa dikomando.

Waktu pelepasan karnaval sudah semakin dekat, yakni pada pukul 13.30 WIB. Pihak kepolisian pun mulai melakukan sterilisasi lokasi dengan menutup arus lalu lintas yang melalui arena pelepasan.

Selama dua hari berturut-turut Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) akan menggelar Karnaval Pesona Danau Toba (KPDT) 2018.

Bukan hanya pawai kendaraan hias, KPDT juga akan menyajikan beragam pagelaran seni dan budaya dari daerah-daerah di Sumut, khususnya yang berada di sekitar kawasan Danau Toba.

"Pagelaran seni dan budaya akan mengisi kegiatan hiburan rakyat yang dipusatkan di lapangan Kompleks D.I. Panjaitan," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kabudayaan Kabupaten Tobasa, Audy Murphi Sitorus, di sela-sela persiapan.

Ini merupakan KPDT yang ketiga kalinya digelar Pemkab Tobasa dan menurut Audy, event ini sudah menjadi agenda wisata tahunan di daerahnya. Dalam penyelenggaraan perdana pada 2016, KPDT dihadiri langsung Presiden Joko Widodo.

(Jun/tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved