NEWS VIDEO: Anak-anak Usia Dini Kian Berminat Menimbah Ilmu di Rumah Belajar Sianjur Mula-mula

Nagoes mengatakan di rumah Belajar Sianjur mula-mula, anak-ank dibekali pendidikan berbasis kearifan lokal.

NEWS VIDEO: Anak-anak Usia Dini Kian Berminat Menimbah Ilmu di Rumah Belajar Sianjur Mula-mula
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Anak-anak usia dini semakin berminat ikut belajar di Rumah Belajar Sianjur Mula-mula. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR - Anak-anak di Kecamatan Sianjurmula-mula dan kecamatan lain di Samosir semakin berminat ikut belajar di Rumah Belajar Sianjur Mula-mula.

Kian hari, anak-anak semangat datang untuk belajar pendidikan budaya berpadu lingkungan dan nilai-nilai sosial di Rumah Belajar tersebut.

"Kita sekarang terkendala untuk lokasi belajar," ujar Reinhard Sinaga yang biasa disapa Nagoes, Pendiri Rumah Belajar Sianjur Mula-mula ditemui di Samosir, Selasa (30/10/2018).

Nagoes mengatakan di rumah Belajar Sianjur mula-mula, anak-ank dibekali pendidikan berbasis kearifan lokal. Mereka diajarkan tentang pemahaman terhadap nilai-nilai budaya dan fhilosopfy kebatakan sekaligus penerapannya sehari-hari.

Peserta didik di sekolah adat Rumah belajar Sianjur mula-mula ini diisi anak-anak SD, SMP dan benerapa diantaranya anak SMA.

Rumah belajar Sianjur Mula-mula didirikan Nagoes karena beberapa alasan. Nagoes melihat dan merasakan banyaknya pergeseran adat istiadat Batak pada jaman Now ini. Dia bersama para relawan lainnya pun terus bergerak dan tidak menyerah menghadapi berbagai kesulitan, meski selalu merogoh saku sendiri.

Berangkat dari kegusarannya, Nagoes pun berjuang keras dan meakukan pendekatan-pendekatan kultural.

Meski pada awal pendiriannya, Nagoes dianggap gila dan membuat masyarakat bertanya-tanya, dia tetap komitmen dalam niatnya.

Katanya, Rumah belajar Sianjur Mulamula pertama kali didirikan di Desa Hutabalian pada tahun 2015 lalu. Kesabaran dan kegigihan serta niat tulusnya membekali generasi muda menempuh pendidikan yang berbasis kearifan lokal, dia pun berhasil mengembangkan cabang pada tahun 2017 dibuka cabang di Huta Gurgur. Saat ini ada ada 8 Rumah Belajar di Kecamatan Sianjur Mulamula.

Halaman
12
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved