Warga Aceh Simpan Sabusabu di Celana Jins dan Sembunyikan di Ransel

Jadi sabunya di tempatkan di dalam lipatan celana jeans yang disembunyikan di tas ransel kemudian disamarkan dengan pakaian lainnya

Warga Aceh Simpan Sabusabu di Celana Jins dan Sembunyikan di Ransel
Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar
Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sumut, Oza Olivia dan jajarannya memaparkan penggagalan penyeludupan narkoba yang masuk ke bandara Kualanamu di kantor Bea dan Cukai Kualanamu Kamis, (1/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.com,LUBUKPAKAM- Dalam waktu tiga hari pihak Bea dan Cukai Bandara Kualanamu berhasil menggagalkan dua kali penyeludupan sabu-sabu serta ekstasi yang dibawa oleh penumpang pesawat dari Malaysia. Pelakunya adalah M (26) warga Aceh dan AABY (52) yang merupakan Warga Negara Malaysia.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Kualanamu, Bagus Nugroho Tamtomo Putro menjelaskan kalau orang yang pertama kali mereka amankan adalah M pada 29 Oktober lalu. Disebut barang bukti sabu yang ia bawa sebesar 1.012,8 gram. M tiba di bandara Kualanamu dengan menaiki pesawat Malaysia Airlines MH 864.

"Jadi sabunya di tempatkan di dalam lipatan celana jeans yang disembunyikan di tas ransel kemudian disamarkan dengan pakaian lainnya. Keberhasilaan pengungkapan kasus ini berawal dari hasil profiling dan hasil x Ray yang dilakukan oleh petugas. Atas kecurigaan tersebut kita langsung melakukan pemeriksaan mendalam dengan cara membuka dan mengeluarkan isi dari tas ransel yang dibawanya baru kemudian didapati barang buktinya," ujar Bagus pada saat konferensi pers di kantornya Kamis, (1/11/2018).

Sementara untuk penangkapan tersangka AABY, lanjut Bagus dilakukan pada 26 Oktober lalu. Ia tiba di Kualanamu dengan menaiki pesawat Air Asia AK 1581.

"Kalau untuk barang buktinya 1,5 butir ekstasi. Modusnya membungkus ekstasi tersebut di dalam permen dan disembunyikan di dalam botol suplemen obat kuat," kata Bagus.

Viral Video Wanita Menangis Mengaku Kehilangan Anak di Medan, Ini yang Sebenarnya Terjadi

Postingan Siswi SMA di Awal Oktober Lalu Kembali Viral, Sudah Peringatkan Pesawat Akan Ada Jatuh

Gubernur Kaltim Isran Noor Buka-bukaan Soal Undang HTI Ikut Rapat Hingga Protes ke Najwa Shihab

Sementara itu Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sumut, Oza Olivia menambahkan kalau kedua tersangka dan barang bukti mereka serahterimakan kepada Ditresnarkoba Polda Sumut untuk proses penyelidikan lebih lanjut. Ia berpendapat dari upaya penggagalan ini maka penegak hukum berhasil menyelamatkan kurang lebih 5061 orang dari bahaya narkotika dengan asumsi 1 gram di konsumsi oleh 5 orang.

PSMS Medan Kebingungan, Firza Adhika Tak Ikuti Latihan dan Tak Kelihatan di Medan

Lagu Kemesraan Franky Sahilatua Iringi Pisah Sambut Komisioner KPU Binjai

Ini Jawaban Ikhwanul Ismar Soal Mengakali Daftar Hadir pada Paripurna DPRD Deliserdang

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved