Parapat Night Market Sepi Pengunjung, Pedagang Bilang Tidak Menguntungkan!

Pedagang makanan dan minuman di areal tersebut, Cut Halimah menyebut kegiatan itu tidak berdampak pada mata pencahariannya.

Parapat Night Market Sepi Pengunjung, Pedagang Bilang Tidak Menguntungkan!
Tribun Medan/ Arjuna Bakkara
GenPI Danau Toba Parapat Night Market, yang dirilis Sabtu (3/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.COM, PARAPAT - Parapat Night Market yang dirilis Generasi Pesona Indonesia (GenPI) bersama GenPI Danau Toba di Pagoda Parapat Sabtu (3/11/2018) Malam, sepi pengunjung.

Tidak terlihat antusias wisatawan milenial sekitar Danau Toba yang sebelumnya dijadikan target utama.

Pedagang makanan dan minuman di areal tersebut, Cut Halimah menyebut kegiatan itu tidak berdampak pada mata pencahariannya selaku pedagang.

"Sepi sekali, tidak ada orang datang minum atau makan," ujarnya.

Menurutnya, sejak event dimulai mulai pukul 19.00 WIB tidak ada tanda-tanda kepadatan pengunjung. Hingga selesai sekitar pukul 22.00 WIB, panggung hiburan hanya diisi pegiat-pegiat seni yang sudah bersiap sejak tenfah harinya.

Apalagi, pada Parapat Night Market tidak ada keunikan khas yang menjadi andalan untuk ditawarkan kepada wisatawan. Padahal, peluncuran Parapat Night Market ini diharapkan sebagai destinasi baru di Danau Toba.

Baca: GenPI Sumut Suguhkan Tarian dan Musik Tradisional Batak di Parapat Night Market

Spot foto yang dianggap instagramable terlihat gelap dan tidak ada pencahayaan, sehingga tidak menarik. Tak terlihat pengunjung memanfaatkannya untuk melakukan swafoto.

Meski pegiat-pegiat seni telah bersungguh-sungguh mementaskan seni berupa tarian dan musik tradisional khas Batak, suasana tetap mati. Budaya Batak yang rencananya diperkenalkan kepada pengunjung tidak berjalan sebagaimana mestinya akibat minimnya pengunjung.

Disinggung terkait upaya promosi, Ketua GENPI, Fitato menepis kalau dirinya gagal dalam hal promosi.

"Buat event apa pun enggak mudah," ujarnya.

Menurutnya, dirinya telah berusaha semaksimal mungkin. Meski, kegiatan tersebut tidak berdampak kepada kesejahteraan rakyat, seperti pedagang.

(jun/tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved