Seorang Ibu Punya Multi Peran, Keselarasan antara Bisnis dan Mendidik Anak Jadi Keraharusan

siapa yang tak senang dan bangga jika sebagai perempuan bisa membantu perekonomian keluarga

Seorang Ibu Punya Multi Peran, Keselarasan antara Bisnis dan Mendidik Anak Jadi Keraharusan
CEO Yuspiner Sumut, Asri Wahyuni SE (tengah) bersama anggota Yuspiner Sumut (Komunitas Mompreneur sekaligus Womanpreneur Sumut). Jadi seorang ibu yang ingin memulai bisnis harus memperhatikan langkah-langkah memulai bisnis dan tetap mencintai anaknya dan menjadikan anaknya bahagia. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Natalin

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Di tengah kebutuhan rumah tangga yang semakin menumpuk, siapa yang tak senang dan bangga jika sebagai perempuan bisa membantu perekonomian keluarga, salah satu jalannya menjadi seorang mompreneur.

Menjadi ibu dengan segala multi perannya tentu bukan persoalan mudah, termasuk ketika harus menjalankan peran sebagai manajer rumah tangga yang artinya juga harus pandai mengatur keuangan keluarga.

Walau sudah memiliki pekerjaan tetap, adakalanya kondisi mengharuskan seorang ibu lebih kreatif untuk mencari sumber keuangan yang lain. Asalkan seorang ibu bisa jeli menangkap peluang usaha, niscaya kesempatan menjadi mompreneur juga terbuka lebar.

Yuspiner Sumut (Komunitas Mompreneur sekaligus Womanpreneur Sumut) menggelar seminar dengan tema mompreneur dan parenting bertempat di Jalan Gaperta, Medan.

"Kita membuat seminar ini, karena masih banyak ibu-ibu yang harus diedukasi untuk mendidik anak dan berbisnis dari rumah. Sekarang jarang lembaga atau organisasi yang memperhatikan kegiatan para ibu. Apalagi dalam hal bisnis, banyak pihak yang mengganggap membawa anak itu menyusahkan hingga tidak ada ruang untuk para ibu belajar," ujar CEO Yuspiner Sumut, Asri Wahyuni SE, Senin (5/11/2018).

Ia mengatakan acara ini bertujuan supaya para ibu kembali percaya diri dalam memulai bisnis dan mendapat ilmu dalam mendidik anak. Sehingga tercipta keselarasan antara berbisnis dan mendidik anak.

"Karena pada dasarnya seorang ibu dapat melakukan banyak hal termasuk berbisnis sambil mengurus anak. Dan itu harus didukung. Disini Yuspiner Sumut memberikan semangat dan motivasi agar para ibu semangat membantu perekonomian keluarga namun tetap bisa mendidik dan menjaga anak," ungkap Asri.

Menurutnya, seorang ibu yang terjun menjadi mompreneur harus memperhatikan banyak hal termasuk izin dari suami, orangtua, anak termasuk manajemen waktu. Yaitu waktu untuk berbisnis serta waktu mengurus anak dan suami.

"Jadi seorang ibu yang ingin memulai bisnis harus memperhatikan langkah-langkah memulai bisnis dan tetap mencintai anaknya dan menjadikan anaknya bahagia," ucap Asri.

Ia mengatakan tips menjadi mompreneur sukses adalah mengikuti perkembangan zaman, jadikan kompetitor sebagai rekan bukan sebagai musuh, berdoa, minta izin dari suami dan anak, mengerti dan memahami setiap kebutuhan anak, perbaiki sistem penjualan dan selalu belajar.

"Dengan menjadi mompreneur, kita bisa menambah penghasilan keluarga, mengisi waktu kosong, berteman dengan banyak orang karena cenderung ibu rumah tangga itu berada di rumah. Harapannya dengan adanya acara ini para ibu semangat dalam menciptakan bisnis namun tetap mendidik dan membentuk anak menjadi anak yang bahagia," tutupnya.

(cr13/tribun-medan.com)

Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved