Terpidana Kasus Korupsi Diciduk Kejari Tiga Hari Jelang Ulang Tahun

Kajari Deliserdang, Asep Maryono menyebut kalau yang bersangkutan telah divonis oleh Mahkamah Agung dengan hukuman penjara 5 tahun dan denda 200 juta

Terpidana Kasus Korupsi Diciduk Kejari Tiga Hari Jelang Ulang Tahun
Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar
Alboin Siagian ketika dieksekusi oleh pihak Kejaksaan Minggu, (5/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.com,LUBUKPAKAM- Kejaksaan Negeri Deliserdang berhasil mengeksekusi Alboin Siagian (61), terpidana kasus korupsi yang merupakan mantan pegawai Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Deliserdang. Ia dieksekusi di kediamannya di Jln Pelajar nomor 128 Medan Minggu, (4/11/2018) malam.

Kajari Deliserdang, Asep Maryono menyebut kalau yang bersangkutan telah divonis oleh Mahkamah Agung dengan hukuman penjara 5 tahun dan denda 200 juta.

Selain denda ia juga dikenakan uang pengganti sebesar Rp 101 juta sesuai dengan putusan Kasasi nomor 168 K/Pid.Sus/2016. Jika tidak dibayarkan dalam waktu satu bulan ini maka harta bendanya senilai itu akan disita dan menjalani hukuman tambahan penjara selama 6 bulan.

"Tadi malam pukul 23.15 WIB dia kita eksekusi. Kejari Deliserdang dibantu oleh Asintel Kejati Sumut. Enggak ada perlawanan ketika kita mengeksekusinya. Ia telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi.

"Ya mungkin rumahnya lah nanti yang akan disita kalau memang sebulan ini tidak juga dibayar. Nanti kalau ada lebihnya dikembalikan lagi pada," ujar Asep Maryono di kantornya Senin, (5/11/2018).

Jenazah Pramugari Endang Sri Bagus Nita Tiba di Jateng, Ini Jumlah Santunan yang Diperoleh Keluarga

Viral Prabowo soal Tampang Boyolali, Sandiaga Minta Hal Itu Dilupakan, Ini Kata Tim Pemenangannya

Permintaan Terakhir Pretty Asmara sebelum Meninggal Dunia saat Divonis 6 Tahun Penjara

Sesuai amar putusannya, modus kejahatan yang dilakukan Alboin adalah tidak menyetorkan uang pengutipan pajak reklame yang ia lakukan. Kegiatan itu ia lakukan sejak tahun 2008 hingga tahun 2010 dan merugikan negara 296 juta.

KABAR Terbaru Marion Jola Idol, Dari Foto-foto Seksi, Curhatan hingga Bareng Ariel Noah Jadi Sorotan

Pesan Mufti Suriah Syeikh Al-Afyouni untuk Indonesia, Sebut Negaranya Hancur karena Provokasi Agama

"Setelah putusan Kasasi dia itu tidak pernah ngantor dan tidak ada di rumahnya. Baru sejak hari Kamis lalu kita dapat informasi dan terus kita lakukan pengintaian. Tadi malam begitu dieksekusi kita bawa langsung ke Kejati dan saat ini mau kita antarkan ke Lapas Lubukpakam,"kata Asep Maryono.

Jamaah Masjid Al Muttaqin Doakan Kombes Pol Dadang Hartanto jadi Pimpinan yang Amanah

BMKG Prediksi Kota Medan Diguyur Hujan Mulai Siang hingga Dinihari

Kapolrestabes Medan Melayat ke Rumah Korban Penyerangan Pemuda di Jalan Luku

Diketahui kalau Alboin saat ini sudah pensiun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Deliserdang. Eksekusi yang dilakukan terhadapnya ini hanya tiga hari menjelang hari ulang tahunnya. Sesuai amar putusan diketahui kalau Alboin merupakan kelahiran 7 Nopember 1957.

(dra/tribun-medan.com).

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved