Komisioner Perempuan di KPU Siantar, Berlatar Pengusaha hingga Pernah Aktif sebagai Advokat

Gina Ruth Fefiliana Ginting menjabat sebagai Komisioner Divisi Teknis dan Nurbaiyah Siregar menjabat sebagai Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat.

Komisioner Perempuan di KPU Siantar, Berlatar Pengusaha hingga Pernah Aktif sebagai Advokat
TRIBUN MEDAN/TOMMY SIMATUPANG
Dua komisioner perempuan KPU Siantar Gina Ruth dan Nurbaiyah saat ditemui di Kantor KPU Jalan Porsea, Rabu (7/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar memiliki dua perempuan yang menjabat sebagai komusioner.

Dua srikandi ini yakni Gina Ruth Fefiliana Ginting menjabat sebagai Komisioner Divisi Teknis dan Nurbaiyah Siregar menjabat sebagai Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat, SDM, dan Sosialisasi.

Dua komisioner ini baru pertama kali menjabat sebagai pejabat di KPU.

Gina Ruth ibu dari dua anak ini tampil percaya diri untuk menjadi penyelenggara pemilu. Pasalnya, ibu dua anak ini tidak memiliki latar organisasi atau pergerakan untuk menjadi pegangan menjabat sebagai komisioner.

Komisioner Teknis asal Kota Medan ini merupakan mahasiswa Insitut Teknik Medan (ITM) angkatan 1999. Tamat dari ITM, Gina melanjutkan pekerjaan di bidang developer. Gina mengaku basicnya yakni sebagai pengusaha. Bahkan, ia memiliki usaha kos-kosan di Kota Medan.

"Saya tergerak saja untuk menjadi komisioner. Saya banyak belajar dari Pilgub Sumut kemarin. Memang banyak yang nanya, kenapa ke KPU,"katanya saat berbincang-bincang dengan tribun-medan.com di Kantor KPU Jalan Porsea, Kota Siantar, Rabu (7/11/2018).

Gina merasa terkejut dengan rutinitas penyelenggara pemilu. Ia mengatakan bekerja sebagai penyelenggara pemilu tidak mengenal waktu. Ia pun berharap dapat banyak belajar dengan para komisioner yang sudah lama menjadi penyelenggara pemilu.

"Makanya kalau ada senggang waktu saya bertemu dengan keluarga. Atau keluarga (anak dan suami) yang datang ke mari,"ujarnya.

Lain halnya dengan Komisioner Parmas Nurbaiyah mahasiswa Hukum Universitas Simalungun (USI) angkatan 2002. Nurbaiyah pernah menjadi Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) KPu Siantar sejak tahun 2010. Nurbaiyah yang belum menikah ini sudah melalangbuana di berbagai organisasi kepumdaan dan agama.

Halaman
12
Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved