Jawab Pengkritik DP 0 Persen, Anies Baswedan: Dulu Banyak Kritik Tidak Mungkin, Ini Nyatanya Mungkin

Anies Baswedan bersyukur pemerintah pusat berencana menyiapkan skema pembiayaan rumah dengan down payment (DP) 0 persen bagi ASN, TNI, dan Polri.

Jawab Pengkritik DP 0 Persen, Anies Baswedan: Dulu Banyak Kritik Tidak Mungkin, Ini Nyatanya Mungkin
Juru Foto Kepresidenan/Agus Suparto
Presiden Jokowi bertemu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (25/10/2017). 

TRIBUN-MEDAN.com-Pemerintah berencana menyediakan rumah layak huni bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri yang belum memilikinya.

Rencananya, pemerintah hanya menyiapkan skema pembiayaan down payment (DP) 0 persen bagi ASN, TNI dan Polri yang ingin memiliki rumah layak huni tersebut.

"Skema khususnya very clear. Kalau ini program pemerintah, DP bisa kita kasih 0 persen," ujar Ketua Dewan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso saat dijumpai di Kompleks Istana Presiden, Jakarta.

"Ini supaya menarik bagi para pegawai dan tidak terlalu mahal sehingga terjangkau," lanjut dia.

Saat ini, pemerintah sedang menginventarisasi lahan kosong aset seluruh lembaga/kementerian yang ada. 

Setelah itu, pemerintah bekerja sama dengan lembaga keuangan swasta membangun rumah di lahan itu.

Rumah yang dimaksud tergantung letaknya. Apabila di Jakarta dan sekitarnya, rumah berbentuk rumah susun. Namun apabila berada di luar Jakarta dan sekitarnya, kemungkinan besar adalah rumah tapak.

Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno mengaku senang saat tahu pemerintah pusat berencana membangun rumahsusun untuk ASN, TNI dan Polri dengan skema pembiayaan down payment (DP) 0 Persen. 

Menurut Sandiaga, itu artinya pemerintah mengakui program DP 0 yang digagasnya saat menjadi wakil gubernur DKI Jakarta.

"Baguslah buat saya, bagus berarti itu dia lihat data yang sama yang kita pakai di DKI," ujar Sandiaga di kawasan Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Kamis (8/11/2018).

Halaman
1234
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved