Aek Silang Satu-satunya Arung Jeram di Dunia yang Bermuara ke Danau Toba

Lokasi arung jeram ini sangat unik. Finish-nya di Danau Toba. Bukan di tengah sungai seperti di tempat lain. Jadi ini satu-satunya di dunia

Aek Silang Satu-satunya Arung Jeram di Dunia yang Bermuara ke Danau Toba
Tribun Medan/Badan Otorita Danau Toba
Satu-satunya Arung Jeram yang Finish ke Danau, di Bakkara Humbang Hasundutan. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.COM, BAKKARA -Nama Aek Silang atau Binanga Sibola Huta bakal lebih terkenal. Sungai di Bakkara, Kecamatan Baktiraja, Humbang Hasundutan ini bahkan akan dikemas oleh Kementerian Pariwisata sebagai atraksi wisata di Danau Toba. Selama ini, Aek Silang hanya dimanfaatkan untuk olahraga arung jeram.

Menteri Pariwisata Arief Yahya melalui Pejabat Badan Otorita Danau Toba (BPODT), Andy Marpaung menyampaikan, Aek Silang memiliki potensi luar biasa. Potensi yang sayang jika dibiarkan begitu saja.

“Lokasi arung jeram ini sangat unik. Finish-nya di Danau Toba. Bukan di tengah sungai seperti di tempat lain. Jadi ini satu-satunya di dunia, arung jeram yang finish di sebuah danau,” kata Andy kepada Tribun melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (10/11/2018).

Kecamatan Baktiraja sendiri berada di Lembah Bakkara. Sudah lama dikenal sebagai tempat kelahiran dan basis pemerintahan Raja Sisingamangaraja. Tak heran, banyak situs peninggalan Raja Sisingamangaraja yang ditemukan. Seperti Istana Sisingamangaraja, Tombak Sulu Sulu sebagai goa tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja I, serta makam raja ke-X dan XI.

Aek Silang sudah lama dikenal sebagai lokasi arung jeram. Sering pula digunakan untuk perlombaan atlet profesional. Pertandingan eksibisi pun kerap dilakukan di sini.

Mardiana Harahap Peluk Peti Jenazah Capt Muas Effendi Nasution

Batal Nikahi Pramugari, Ratap Tangis Kekasih & Ibunda Mery Yulianda Bikin Haru Peluk Peti Jenazah

Terpanggil Bela Negara Usai Dengar Pidato Soekarno, Veteran hanya Bisa Bersyukur Tinggal di Gubuk

Hotman Paris Terbang ke London dan Italia Mencari Makan, Penggemar: Crazy Rich Indonesia Mah Gitu

“Selama ini Aek Silang belum masuk dalam paket wisata. Padahal, ini bisa dikemas dan ditawarkan sebagai atraksi paket wisata untuk wisatawan,” jelasnya Arif melalui Andy.

Katanya, untuk itu, Kemenpar mendorong adanya operator arung jeram di Bakkara. Tahap awal, saat ini sedang digelar Workshop Pelatihan Pemandu Arung Jeram. Kegiatan ini dimulai pada 3 November lalu, dan berakhir tanggal 10 November 2018.

orban Pesawat Lion Air JT 610 Capt Muas Efendi Dimakamkan, Egin Nasution: Ayahku Pahlawanku

Capt Muas Effendi Terkenal Dermawan, Kerap jadi Donatur Setiap Acara

Alumni SMAN 2 Padangsidimpuan Berangkatkan Jenazah Capt Muas Effendi Nasution dari Jakarta

Jenazah Korban Lion Air JT610, Capt Muas Effendi Nasution Tiba di Bandara Kualanamu

“Dengan adanya pelatihan ini, para pemuda Baktiraja dapat menjadi operator wisata arung jeram,” tandasnya.

Sementara itu, Asdep Pengembangan Destinasi Regional I Lokot Ahmad Enda menambahkan, Kementerian Pariwisata sudah memberikan dukungan homestay di Baktiraja. Wisatawan sudah bisa menginap di homestay milik penduduk. Penghasilan warga pun bertambah.

Pakpak Bharat Peroleh Nilai Tertinggi Soal Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tim Nasional

Radea Siddiq Ajak Mahasiswa Sumbangkan Rejeki untuk Palu dan Donggala

Hal senada disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Dadang Rizki Ratman. Menurutnya, arung jeram Aek Silang semakin memperkuat Danau Toba. Makin banyak atraksi wisata yang bisa dinikmati. Tak hanya sebatas pemandangan Danau Toba yang indah.

“Kini wisatawan bisa merasakan sensasi arung jeram di Aek Silang dengan latar belakang pegunungan, persawahan, kebun bawang, dan finish di Danau Toba. Itu sangat luar biasa,” tegasnya.

(Jun/tribunmedan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved