Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Pemerintah Sumut Gelar Ziarah Makan Pahlawan

Ibnu Hutomo pimpin upacara bendera peringatan Hari Pahlawan, Sabtu (10/11) di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan

Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Pemerintah Sumut Gelar Ziarah Makan Pahlawan
Humas Pemprov Sumut
Asisten Administrasi Umum dan Aset Pemerinta Provinsi Sumatera Utara Zonny Waldi mewakili Gubernur Sumatera Utara menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November di Lapangan Apel, Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan, Sabtu (10/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Satia

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Ibnu Hutomo pimpin upacara bendera peringatan Hari Pahlawan, Sabtu (10/11) di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengajak seluruh masyarakat, khususnya generasi muda untuk terus mengingat jasa para pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan. Diantaranya dengan terus bekarya dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ibnu Hutomo juga mengimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemprov Sumut agar bersunguh-sungguh dan memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugas sehari-hari sebagai abdi negara.

"Kita harus memberi yang terbaik dalam bekerja sebagai wujud bakti kita pada negara dan ini secara langsung mengingat kita akan jasa para pahlawan. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat sejarah dan jasa pahlawannya,” ujar Ibnu.

Sementara itu, bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) peringatan Hari Pahlawan adalah Pangdam I/Bukit Barisan  Mayor Jenderal M Sabrar Fadhilah dan menjadi komandan upacara Danyon Zipur 1 /DD LETNAN KOLONEL CZI Eko Supri. Upacara diikuti oleh unsur TNI, POLRI, ASN dan Unsur Kepemudaan.

Usai upacara peringatan hari pahlawan, Pandam 1/BB Mayjend M Sabrar Fadhilah bersama unsur Forkopimda lainnya melakukan penaburan bunga ke Makam Pahlawan Bukit Barisan. Diantaranya makam Letda Sudjono yang gugur di areal PTPN III Bandar Betsy, Letjen TNI (Purn) Raja Inal Siregar (mantan Gubernur Sumut) dan Kapten KAL TNI AU A Rachmad Ishaq yang merupakan ayah kandung Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Turut hadir di acara itu,  Anggota DPD RI Parlindungan Purba, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, OPD Pemprov Sumut dan Pemko Medan, anggota DPRD Sumut dan DPRD Medan, veteran, serta organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan.

Sementa itu, peringatan Hari Sumpah Pemuda juga dilaksanakan di  Kantor Gubernur, Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprov Sumut Zonny Waldi, mewakili Gubernur Sumatera Utara menjadi inspektur upacara memperingati Hari Pahlawan yang ke -73 tahun di Lapangan Apel, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan.

“Setiap tahun pada tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam. Melalui peringatan ini, mari kita memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air, serta meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara,” ucap Zonny Waldi membacakan amanat Mensos RI Agus Gumiwang.

Diharapkannya, agar peringatan hari pahlawan ini memunculkan semangat kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan, tertanam nilai-nilai kepahlawanan. Oleh karenanya, setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk diri, lingkungan sekitar, bangsa dan negara.

“Peringatan hari pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri. Sampai seberapa jauh, setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan, demi mencapai negara kesatuan RI yang sejahtera, adil, dan makmur,” tuturnya.

Selain itu, peringatan hari pahlawan juga harus melahirkan ide dan gagasan untuk melakukan inovasi cerdas dan memperkuat daya saing dalam pergaulan dunia. Saat ini, Indonesia memerlukan pahlawan baru, sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negara.

“Melalui momentum peringatan hari pahlawan, marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. mulai dari hal-hal yang dapat kita lakukan, lingkugan terdekat, yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara,” ujarnya.

Amanat Mensos RI Agus Gumiwang Kartasasmita disampaikan pada upacara peringatan Hari Pahlawan di seluruh Indonesia. Mengheningkan cipta selama 60 detik juga dilakukan secara serentak untuk meresapi perjuangan para pahlawan. Upacara Bendera Hari Pahlawan dihadiri oleh seluruh pejabat dan ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumut.(Cr19/Tribun-Medan.com)

Penulis: Satia
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved