Peringati Hari Pahlawan, Yonkav 6/NK Berikan Tali Asih Kepada Para Veteran Kemerdekaan

Dalam rangka memperingati hari Pahlawan yang diperingati pada 10 November setiap tahun

Peringati Hari Pahlawan, Yonkav 6/NK Berikan Tali Asih Kepada Para Veteran Kemerdekaan
Yonkav 6/NK
Suasana Yonkav 6/NK dalam acara memperingati hari pahlawan dan pemberian tali asih kepada lara veteran di Gedung Juang 45 Medan. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dalam rangka memperingati hari Pahlawan yang diperingati pada 10 November setiap tahun. Komando Batalyon Kavaleri (Yonkav) 6/Naga Karimata, melakukan acara pemberian tali asih kepada Veteran Pejuang, di Gedung Juang 45 Jalan Pemuda, Sabtu (10/11/2018).

Dalam acar pemberian tali asih tersebut, dihadiri oleh Danyonkav 6 Naga Karimata, Mayor Kav Jackie Yudhantara, Ketua Umum Harian Gedung Juang 45, Nurdin Lubis, Ketua Bankom 6 Naga Karimata Daniel Wijaya serta para pejuang yang akan diberikan tali asih.

Danyonkav 6 Naga Karimata, Mayor Kav Jackie Yudhantara mengatakan acara hari ini adalah memperingati hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November tiap tahun.

"Ini merupakan bakti sosial yang dilaksanakan Yonkav 6/NK, dan silaturahmi tatap muka kepada khususnya para veteran dan pejuang yang berada di Medan," kata Mayor Jackie, Sabtu (10/11/2018).

"Harapan saya sebagai pimpinan di Yonkav 6/NK bisa terus menjalin silaturahmi yang baik dengan para sesepuh dan veteran. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pendahulunya," tegas Jackie.

Lebih lanjut, Jackie menjelaskan bahwa ia memaknai hari Pahlawan sebagai suatu momentum yang dapat diambil dan ditarik manfaatnya. Terutama untuk mengenang jasa para pahlawan.

"Momentum ini juga digunakan untuk memberikan motivasi kepada para generasi penerus bangsa, untuk lebih giat dalam membangun bangsa dan semua aspek," jelas Jackie.

Sementara itu, Ketua Umum Harian Gedung Juang 45, Nurdin Lubis mengaku sangat berterimakasih dan menyampaikan rasa hormat dan apresiasi yang tinggi, kepada Yonkav 6/NK dan Bankom 6/NK.

"Hari ini memperingati hari Pahlawan dan memaknai serta menjadi renungan terhadap sejarah perjalanan bangsa. Dari mulai merdeka sampai hari ini. Karena tentu ada berbagai cobaan dan tantangan yang dihadapi," kata Nurdin di Gedung Juang 45.

Nurdin menjelaskan bahwa setelah merdeka 17 Agustus 1945, tentara Belanda melalui tentara sekutu ingin menguasai kembali NKRI. Dengan melakukan berbagai macam gerakan perlawanan yang berpuncak pada perang 10 November di Surabaya. Oleh karena itu, hari ini direnungkan apa yang telah diperbuat dan apa yang harus untuk mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan Indonesia.

"Saya berharap acara ini bisa dilaksanakan secara rutin. Tidak hanya dalam bentuk-bentuk statement dan pemberian tali asih," ujarnya.

"Tadi sesepuh kita Bahtiar Sonar Siregar menyampaikan ada semacam ada kegiatan ceramah. Jadi mungkin ini kedepan bisa ditambahkan. Sehingga peringatan hari Pahlawan ini akam semakin lebih bermakna," pungkas Nurdin.

Perlu diketahui, setelah melakukan acara temu ramah dalam kegiatan memperingati hari Pahlawan di Gedung Juang 45. Kegiatan ditutup dengan pemberian tali asih kepada para veteran, yang telah bersusah payah ikut berjuang mengorbankan jiwa dan raga untuk kemerdekaan Indonesia. 

(cr9/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved