Peserta Lulus Sangat Minim, Ini Komentar BKN Soal Passing Grade Ujian CPNS Bakal Diturunkan

Terhitung dari dua juta lebih Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 secara nasional, mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Peserta Lulus Sangat Minim, Ini Komentar BKN Soal Passing Grade Ujian CPNS Bakal Diturunkan
Serambi Indonesia
ILUSTRASI UJIAN CPNS 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Satia

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Terhitung dari dua juta lebih Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 secara nasional, mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) hanya tiga persen yang dinyatakan lulus tahap tersebut. 

Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan menyampaikan, bahwa peserta yang lulus pada tahap ini sangat minim untuk dapat mengikuti langkah selanjutnya.

"Ada 2.602.301 para pendaftar yang sudah memenuhi syarat dan akan mengikuti seleksi ujian pada waktunya berikut. Secara nasional itu kelulusannya dua setengah persen sampai tiga persen, dan jauh dari harapan," kata dia melalui sambungan telepon genggam, Sabtu (11/11/2018).

Dirinya menuturkan, bahwa dari jumlah peserta lulus SKD secara nasional itu, berdasarkan data yang ada untuk Kementerian ada sekitar empat persen dan untuk daerah hanya dua sampai tiga persen.

"Dan angka ini sangat kurang banget ya. Yang lulus SKD itu secara nasional baru 3 persen, dan itu sangat kurang hingga jauh dari harapan pemerintah pada pembukaan CPNS kali ini," ucapnya.

Ridwan menyampaikan, kesulitan peserta terjadi pada sistem penilaian yang diterapkan terlalu tinggi, dan membuat calon pegawai negeri sipil sulit untuk meraih angka passing grade yang telah ditetapkan.

Dari tiga passing grade yang ditetapkan yakni Tes Intelegensia Umum (TIU) 80 point, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 143 point, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 75 point, sesi TKP paling banyak dikeluhkan peserta.

"Mau ada aturan-aturan lebih lanjut, misalnya, sekarang itu masih minim, ntah itu akan ditambah pesertanya pada ujian SKD dengan cara menurunkan passing grade-nya," ucapnya.

Belum dapat dipastikan olehnya, tetapi aturan untuk menurunkan angka dari ketiga tes SKD yang ditetapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akan masuk dalam pembahasan. 

Halaman
12
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved