Menteri Minta Penerima Bansos Tak Risau, Potongan Bantuan Tahap IV Diganti Januari 2019

Agus Gumiwang mengatakan, warga tidak perlu risau, karena Menteri Sosial akan memberikan kompensasi pada Januari 2019.

Menteri Minta Penerima Bansos Tak Risau,  Potongan Bantuan Tahap IV Diganti Januari 2019
partaigolkar.or.id
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita 

MEDAN, TRIBUN-Kementerian Sosial Republik Indonesia menyatakan penyaluran dana bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) tahap keempat ada penyesuaian nilai.

Alhasil, seluruh masyarakat penerima PKH tidak menerima Rp 500 ribu per tiga bulan. Tapi, warga tidak perlu risau, karena Menteri Sosial akan memberikan kompensasi pada Januari 2019.

Sebelumnya, sejumlah warga miskin di Kota Medan dan sekitarnya yang menerima PKH kecewa, karena dana bantuan sosial (bansos) dari pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan sebesar Rp 500 ribu dipotong.

Seorang penerima PKH, Nikita Sari, warga Jalan Pelita 2, kesal saat mengambil uang bansos yang cair per tiga bulan tersebut. Padahal, menurut dia, uang ini seyogianya akan digunakannya untuk biaya pendidikan tiga anaknya.

"Niat pemerintah untuk membantu kami, tetapi kenyataannya berbeda. Ke mana saya harus mengadu? Apa ke presiden langsung? Pak Jokowi, ada yang sunat uang bansos untuk kami," katanya kepada Tribun Medan/tribun-medan.com, tengah pekan lalu.

Sari memang langsung menyebut uang bantuan tersebut disunat, karena hanya menerima Rp 266 ribu. Terlebih-lebih, sebutnya, pemotongan ini tidak ia ketahui sebelumnya.

"PKH tahap keempat memang ada penyesuaian nilai (sehingga untuk sementara tidak ada penyelewangan di lapangan). Nanti digantikan pada saluran tahap pertama 2019 bulan Januari dengan nilai indeks yang diperbesar secara signifikan," ujar Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita melalui aplikasi WhastApp kepada Tribun, Senin (12/11).

Agus menambahkan, penyesuaian pemberian bantuan PKH hanya berlaku pada tahap keempat penyaluran. Artinya, pada tahap sebelumnya tidak ada kendala. Setiap warga masih terima Rp 500 ribu per tiga bulan.

Ia mengklaim, penyesuaian penyaluran dana PKH, karena ada masalah teknis, yakni pengelolaan anggaran di Pemerintah Pusat. Karena itu, Kementerian Sosial akan memberi kompensasi pada penyaluran tahap pertama tahun 2019.

"Sudah diputus akan dinaikkan signifikan dibanding keadaan normal. Kami sudah mengirimkan surat edaran ke Dinas Sosial Provinsi maupun kabupaten/kota, agar mereka berikan sosialisasi," katanya.

Halaman
1234
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved