Togu Bakal Jalan 300 KM di Kawasan Danau Toba, Galang Dana Rumah Belajar Alusi Tao Toba

Togu berjalan kaki mulai Siantar - Parapat dengan menghabiskan waktu 14 jam.

Togu Bakal Jalan 300 KM di Kawasan Danau Toba, Galang Dana Rumah Belajar Alusi Tao Toba
TRIBUN MEDAN/TOMMY SIMATUPANG
Togu Simorangkir saat ditemui di Jalan Adam Malik Kota Siantar, Selasa (13/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Togu Simorangkir kembali melakukan aksi galang dana untuk operasional rumah belajar Yayasan Alusi Tao Toba.

Pria berusia 41 tahun ini akan berjalan kaki mengelilingi lingkar luar Kawasan Danau Toba (KDT) sepanjang 300 kilometer lebih demi anak-anak pinggir Danau Toba.

Pria yang menamatkan kuliah di MSc In Primate Conservation Oxford Brookes University, Inggris, akan berjalan kaki mulai 19 November hingga 26 November 2018. Rute yang akan dijalani yakni Parapat - Tigaras - Simanjarunjung - Saribudolok - Merek - Sumbul - Doloksanggul - Bakkara - Balige - kembali ke Parapat.

Donasi yang ditargetkan Rp 305 juta itu nantinya akan diserahkan untuk delapan rumah belajar, dua kapal belajar, dan tiga kereta belajar.

  1. Togu mengaku galang dana kali ini akan melelahkan karena rute yang dialalui sangat jauh. Terakhir, Togu berjalan kaki mulai Siantar - Parapat dengan menghabiskan waktu 14 jam.

"Mulai stres lah. Udah mulai mules sampai sekarang. Baru sadar aku kalau itu jauh," ujarnya seraya tertawa saat ditemui di Jalan Adam Malik Siantar, Selasa (13/11/2018).

Namun aksi yang melelahkan sudah berapa kali dilakukan. Togu pernah menggalang dana dengan berenang di Danau Toba dan Bersepeda.

Sekitar Tahun 2012, Togu berenang dari Parapat menuju Tuktuk atau sepanjang 9 kilometer. Tahun 2015 juga berenang dari Onan Runggu menuju Balige sepanjang 18 kilometer.

"Bersepeda juga pernah sepanjang 70 kilo untuk rumah belajar di Lombok yang hancur karena gempa," ujarnya sembari mengatakan saat itu terkumpul Rp 36 juta.

Untuk berjalan kaki ini, Yayasan Alusi Tao Toba telah mengumpulkan Rp 20,9 juta dan ditambah buku dari Gramedia senilai Rp 8 juta.

Halaman
12
Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved