Sosialisasi ke Perguruan Tinggi, Mahasiswa tak Tahu Nama Anggota DPRD Dairi

"Tahun ini kita akan memilih lima kertas suara, salah satunya DPRD Dairi. Siapa yang tahu nama wakil rakyat kita di DPRD Dairi saat ini?"

Sosialisasi ke Perguruan Tinggi, Mahasiswa tak Tahu Nama Anggota DPRD Dairi
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Ketua KPUD Dairi, Sudiarman Manik (tengah), komisioner KPUD Dairi, Freddy Sinaga (kanan) dan Bagian Kemahasiswaan STAI Al-iklas Dairi, N Tumangger (kiri) saat memberikan sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemilu di Kampus STAI Al-ikhlas Dairi, Jalan Mesjid Sidikalang, Rabu (14/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Sejumlah mahasiswa dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-ikhlas Dairi, Sidikalang yang mengikuti kegiatan sosialisasi KPUD Dairi tak mengenal sama sekali nama-nama wakil rakyat yang duduk di DPRD Dairi periode 2014-2019.

Hal itu bermula ketika Ketua KPUD Dairi, Sudiarman Manik yang menjadi salah satu pemateri menanyakan kepada mahasiswa perihal para politisi yang kini menjadi wakil rakyat Kabupaten Dairi, dalam kegiatan sosialisasi yang berlangsung di kampus STAI Al-ikhlas Dairi, Jalan Mesjid, Sidikalang, Rabu (14/11/2018).

"Tahun ini kita akan memilih lima kertas suara, salah satunya DPRD Dairi. Siapa yang tahu nama wakil rakyat kita di DPRD Dairi saat ini?," tanya Sudiarman.

Pantauan Tribun Medan, tak seorang mahasiswa pun yang hadir pada kegiatan tersebut mampu menjawab satu dari total 35 nama anggota DPRD Dairi saat ini. Suasana sempat hening seketika.

Beberapa diantara mahasiswa terlihat, bahkan terlihat hanya menggelengkan kepalanya.

Mendapat respon demikian, pemateri lainnya yang juga komisioner KPUD Dairi Divisi Teknis, Freddy Sinaga mengajak mahasiswa untuk mengenali sosok seluruh Calon Legislatig (Caleg) yang berkompetisi pada Pemilu 2019.

Freddy mengajak mahasiswa STAI Al-ikhlas untuk mulai mencari tahu visi dan misi yang diusung para Caleg pada Pemilu kali ini. Menurutnya, profil para Caleg untuk DPRD Dairi dapat dilihat melalui website milik KPUD Dairi.

Sehingga, para wakil rakyat yang akan menjadi anggota DPRD Dairi pada periode 2019-2024, merupakan sosok yang benar-benar menyuarakan aspirasi masyarakat Kabupaten Dairi.

"Kenali calon yang akan dipilih dengan lihat profilnya. Bisa lihat profil caleg di website kpu dairi. Lihat juga visi-misinya. Jangan hanya lihat dari foto atau tampangnya saja," ucapnya dihadapan 50 orang mahasiswa STAI Al-Ikhlas Dairi.

Selain itu, Freddy pun mengingatkan kepada mahasiswa agar tidak mudah terpancing melakukan kampanye hitam atau menyebarkan informasi hoax di akun media sosial masing-masing.

Sebab, bila hal itu terjadi maka para pelakunya akan mendapat ganjaran, berupa hukuman penjara sesuai dengan Undang-undang yang berlaku.

"Sekarang ini sudah banyak informasi hoax. Kami imbau kepada mahasiswa jangan sembarangan mem-forward informasi di media sosial yang belum diketahui kebenarannya. Karena ujung-ujungnya pasti akan berhunbungan dengan polisi," imbaunya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved