Togu Simorangkir Berharap Galang Dana Rp 305 Juta Melalui Jalan Kaki Keliling Danau Toba

Aksi jalan kaki ini dilakukan untuk penggalangan dana bagi biaya operasional 8 sopo belajar, 2 kapal belajar, dan 3 kreta baca.

Togu Simorangkir Berharap Galang Dana Rp 305 Juta Melalui Jalan Kaki Keliling Danau Toba
Tribun Medan/Liston Damanik
Togu Simorangkir dan Public Relations Manager Gramedia Rezza Patria saat konferensi pers di Kenanga Garden Resto, Jumat (16/11/2018). 

TRIBUN-MEDAN.com-Pegiat literasi asal Sumatera Utara, Togu Simorangkir berharap bisa mengumpulkan sekitar Rp305 juta melalui kegiatan penggalanagan dana yang ia lakukan, yaitu aksi jalan kaki di lingkar luar Danau Toba sejauh 305,65 Km.

"Kami menargetkan terkumpul dana Rp305 juta, mudah-mudahan bisa dapat lebih. Dana ini nantinya akan dipakai untuk operasional delapan rumah baca yang tersebar di sekitar Danau Toba, dua kapal belajar, dan tiga kereta belajar," kata Togu saat konferensi pers di Kenanga Garden Resto, Jumat (16/11/2018).

Togu Simorangkir adalah seorang laki-laki ‘baling’ (bahasa Medan untuk menyebut edan), alumni S2 Oxford Brookes University yang memilih menjadi petani organik dan mengabdi di kampung halamannya.

Sebagai ucapan syukur ke-42, pendiri sekaligus Ketua Yayasan Alusi Tao Toba ini akan melakukan aksi jalan kaki di lingkar luar Danau Toba sejauh 305,65 Km.

Aksi jalan kaki ini dilakukan untuk penggalangan dana bagi biaya operasional 8 sopo belajar, 2 kapal belajar, dan 3 kreta (motor) baca yang dikelola oleh Yayasan Alusi Tao Toba. Semua upaya membawa buku-buku bacaan berkualitas kepada anak-anak Indonesia di Danau Toba ini disebut sebagai gerakan Tao Toba Membaca yang sudah mulai digagas Alusi Tao Toba sejak berdirinya.

Rute Lingkar Luar Danau Toba yang akan dilalui adalah Parapat – Silimbat – Porsea – Balige – Siborong-borong – Dolok Sanggul – Simpang Tele – Panji – Sumbul – Merek – Saribu Dolok – Tiga Runggu – Tanjung Dolok – Parapat dengan perhitungan jarak:

1. Merek - Bts. Karo/ Dairi (14,06 km) - Panji (29,81 km) - Bts.Dairi/Samosir (29,38 km)

2. Bts.Dairi /Samosir - Dolok Sanggul (49,41 km) - Siborong Borong (28,48 km)

3. Merek - Saribu Dolok (11,25 km) - Tanjung Dolok (57, 24 km) – Parapat (4,97 km)

4. Parapat - Silimbat (45, 21 km) - Siborong Borong (35,84 km)

Halaman
12
Penulis: Liston Damanik
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved