Hasil Audit Bank Dunia, Danau Toba Rusak Parah, Menko Luhut Jelaskan Solusi Pemerintah

"Itu kan tujuan wisata, kalau tujuan wisata environment nggak bagus siapa yang mau datang?" ujarnya.

Hasil Audit Bank Dunia, Danau Toba Rusak Parah, Menko Luhut Jelaskan Solusi Pemerintah
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan di Kantor Menko Maritim, Jakarta, Rabu (14/2/2018).(KOMPAS.com/ PRAMDIA ARHANDO JULIANTO) 

Pembuangan limbah menurut Luhut membuat kadar oksigen di Danau Toba hanya mencapai kedalaman 50 meter dari permukaan.

TRIBUN-MEDAN.com-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengungkap kerusakan lingkungan yang dialami Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara.

Hal itu disampaikannya usai menjalani rapat bersama Bank Dunia di kantor Kemenko Kemaritiman di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (19/11/2018).

Perwakilan Bank Dunia yang datang ke Kantor Luhut ialah Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste, Rodrigo A Chaves. Dia tiba di Kantor Luhut pukul 17.00 WIB.

“Saya memang minta bantuan mereka (Bank Dunia) untuk audit Danau Toba dan terungkap danau itu mengalami kerusakan parah,” ujarnya.

Luhut menegaskan bahwa faktor pembuangan limbah ke Danau Toba menjadi pemicu utama terjadinya kerusakan lingkungan di danau vulkanik tersebut.

“Ada peternakan babi buang limbah di situ, ada keramba juga, kemudian limbah rumah tangga juga dibuang di situ, apalagi hotel-hotel di sekitar situ juga menyumbang limbah di Danau Toba,” keluh Luhut.

Jutaan ekor ikan dalam Keramba Jaring Apung (KJA) yang dipelihara mati di Danau Toba, tepatnya di Pangururan, Samosir (22/8/2018).
Jutaan ekor ikan dalam Keramba Jaring Apung (KJA) yang dipelihara mati di Danau Toba, tepatnya di Pangururan, Samosir (22/8/2018). (Tribun Medan)

Pembuangan limbah itu menurut Luhut membuat kadar oksigen di danau tersebut hanya mencapai kedalaman 50 meter dari permukaan.

“Selebihnya, sampai dasar danau tak ada oksigen, itu tidak sehat,” imbuhnya.

Luhut bilang, banyak pohon yang ditebang di sekitar Danau Toba. 

Halaman
123
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved