Advertorial

Bangkitkan Semangat DKP Kota Medan untuk Wujudkan Medan Bersih, Indah dan Terang

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)/OPD

Bangkitkan Semangat DKP Kota Medan untuk Wujudkan Medan Bersih, Indah dan Terang
ist
Jalur Pedestrian atau Jalur Pejalan Kaki di samping Merdeka Walk 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)/OPD yang memiliki tugas pokok melaksanakan urusan pelaksanaan pemerintahan bidang pekerjaan umum sub urusan kebersihan, pengelolaan sampah dan pertamanan.

Sedangkan fungsi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Medan yakni pertama, perumusan kebijakan urusan pemerintah bidang pekerjaan umum sub urusan kebersihan, pengelolaan sampah dan pertamanan.

Kedua, pelaksanaan kebijakan urusan pemerintah bidang pekerjaan umum sub urusan kebersihan, pengelolaan sampah dan pertamanan.

Jalur Pedestrian atau Jalur Pejalan Kaki di samping Merdeka Walk

Ketiga, pelaksanaan evaluasi dan pelaporan urusan pemerintahan bidang pekerjaan umum sub urusan kebersihan, pengelolaan sampah dan pertamanan.

Selanjutnya ke empat, pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya. Kelima, pelaksanaan tugas pembantuan berdasarkan peraturan perundang-undangan. Terakhir keenam, pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Walikota Medan terkait dengan tugas dan fungsinya.

Untuk melaksanakan tugas dan fungsi, susunan organisasi dan tata kerja tersebut sesuai dengan peraturan Wali Kota Medan Nomor 01 Tahun 2017 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja perangkat daerah.

Dalam rangka meningkatkan peran Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan dalam menjalankan fungsi-fungsinya perlu disusun strategis yang sesuai dengan visi dan misi serta RPJMD Kota Medan 2016-2021, serta berpedoman kepada Permendagri 86 Tahun 2017 dengan memperhatikan faktor-faktor yang merupakan potensi/kekuatan dan kesempatan serta faktor-faktor penghambat yang merupakan kelemahan dan ancaman.

Secara umum yang menjadi peluang dalam pengembangan pelayanan perangkat daerah yakni, adanya dukungan Wali Kota Medan untuk mewujudkan Medan Bersih, Medan Indah dan Medan Terang.

Selain itu, tingginya komitmen pemerintah dalam menciptakan program kerja Wali Kota Medan tersebut.

Adanya peluang untuk pelaksanaan diversifikasi dalam pengelolaan sampah dengan menerapkan sistem prinsip 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) untuk menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai ekonomis.

Halaman
123
Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved