Pascaputusan MK, KPUD Dairi Rekrut 30 Anggota PPK Tambahan

Jenny Ester Panjaitan mengatakan dengan putusan itu, maka pihaknya kembali mengundang 105 orang, yang sebelumnya pada seleksi anggota PPK.

Pascaputusan MK, KPUD Dairi Rekrut 30 Anggota PPK Tambahan
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Komisioner KPUD Dairi, Jenny Ester Pandiangan.

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) melakukan perekrutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2019.

Perekrutan itu menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31/PUU-XVI/2018 yang menyatakan jumlah anggota KPU Kabupaten/Kota dan penyelenggaraan pemilu turunannya berjumlah lima orang.

Komisioner KPUD Dairi, Jenny Ester Panjaitan mengatakan dengan putusan itu, maka pihaknya kembali mengundang 105 orang, yang sebelumnya pada seleksi anggota PPK lalu berada diperingkat empat hingga sepuluh yang tersebar di 15 kecamatan.

"Kan kami sebelumnya ada rekrut PPK dimasing-masing kecamatan tiga orang. Jadi setelah ada putusan MK itu, kami kembali mengundang peringkat empat sampai sepuluh," kata Jenny, Kamis (22/11/2018).

Namun dari semua anggota seleksi yang diundang, hanya 68 orang saja yang hadir. Sehingga KPUD Dairi kembali meminta nama-nama tambahan dari perguruan tinggi dan NGO.

"Setelah dilakukan selesai wawancara pada Selasa (20/11/2018) di sekretariat KPUD Dairi, hasilnya telah diplenokan masing-masing kecamatan akan bertambah dua anggota PPK," sebutnya.

Namun, para anggota PPK tambahan yang berjumlah 30 orang tersebut, baru akan dilantik dan efektif bekerja pada 2 Januari 2019 mendatang. Hal itu menyesuaikan pengalokasian anggaran untuk PPK yang akan bertugas.

Sebelumnya, berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu 2019, salah satunya mengatur bahwa jumlah anggota KPU Kabupaten/Kota dan penyelenggara pemilu turunannya disesuaikan dengan jumlah penduduk suatu daerah.

Sehingga pada pelaksanaan Pilkada serentak 2018 lalu KPUD Dairi hanya merekrut tiga anggota PPK per-kecamatan.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved