Ini Permintaan Gamis terkait Rencana Pembangunan Tugu Sang Naualuh Damanik di Lapangan Adam Malik

Kami bukan meenolak pembangunan tugu. Kami setuju tugu itu dibangun, tetapi lokasinya bukan di Adam Malik.

Ini Permintaan Gamis terkait Rencana Pembangunan Tugu Sang Naualuh Damanik di Lapangan Adam Malik
TRIBUN MEDAN/TOMMY SIMATUPANG
Puluhan warga yang tergabung Gerakan Masyarakat Islam (Gamis) Kota Siantar 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Puluhan warga yang tergabung Gerakan Masyarakat Islam (Gamis) mendesak Pemerintah Kota Siantar memindahkan pembangunan pahlawan Tugu Raja Sang Naualuh Damanik dari Lapangan Haji Adam Malik.

Puluhan warga ini melalukan demo di depan Kantor DPRD dan Kantor Wali Kota Siantar.

Kordinator Aksi Hendro Susilo menyampaikan bukan menolak adanya pembangunan tugu, tetapi lokasi bangunan tersebut meganggu kenyamanan ibadah di Lapangan Adam Malik. Pasalnya, lapangan tersebut kerap digunakan saat ibadah Sholat Idul Fitri dan Perayaan Natal.

"Kami bukan meenolak pembangunan tugu. Kami setuju tugu itu dibangun, tetapi lokasinya bukan di Adam Malik, silakan ditempat lain yang lebih strategis,"katanya, Jumat (23/11/2018).

Sementara Samsudin Harahap yang juga anggota Gamis menyampaikan sangat menghormati karakter pahlawan Raja Sang Naualuh Damanik. Namun, ia merasa tugu itu tidak tepat di Adam Malik. Ia meminta Pemko Siantar segera menghentikan pembangunan.

"Kami mengaggumi Raja Sang Naualuh, tetapi sebelum ini, Pemko Siantar sudah sepakat tugu dibangun di Jalan Merdeka tetapi berubah ke Adam Malik,"ujarnya.

Pantuan tribun-medan.com, lokasi pembangunan masih berjalan 10 persen. Lokasi pembangunan tugu yang akan menghabiskan anggaran Rp 13 miliar ini sudah ditutupi seng. Dalam amatan juga, tidak ada pekerja proyek yang bekerja.

Asisten I Pemko Siantar Leonardo Somanjuntak yang menanggapi puluhan warga ini mengaku akan menyampaikan ke Dinas PUPR untuk menghentikan pembangunan. Ia juga mengatakan sudah membahas aspirasi dari Gamis.

"Mohon kerja sama yang baik. Kami akan undang kembali bapak-bapak dari Gamis, ahli waris, dan organisasi suku Simalungun yang di Siantar,"katanya.

Halaman
12
Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved