Jelang Pergantian Tahun, Dua Maskapai Penerbangan Tambah Jadwal Penerbangan ke Danau Toba

Dua Penerbangan maskapai nasional yang melayani penerbangan Jakarta-Silangit pun mengajukan penerbangan tambahan melayani lonjakan penumpang.

Jelang Pergantian Tahun, Dua Maskapai Penerbangan Tambah Jadwal Penerbangan ke Danau Toba
tribunmedan/bobby
Garuda Indonesia 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arjuna Bakkara
 

TRIBUN-MEDAN.COM, TAPUT - Kawasan Danau Toba menjelang Natal dan Tahun baru selalu ramai perantau dan wisatawan. Hal itu terlihat seperti tahun-tahun sebelumnya di Wilayah Tanah Batak, namun pada umumnya menggunakan transportasi jalur darat. 

Karenanya M Hendra Irawan Executive General Manager (EGM) Bandar Udara (Bandara) Raja Sisingamangaja XII, Silangit,  mengatakan bahwa penambahan tersebut diajukan oleh maskapai Garuda Indonesia dan Citilink.

Melihat kondisi itu serta berbagai pertimbangan, Dua Penerbangan maskapai nasional yang melayani penerbangan Jakarta-Silangit pun mengajukan penerbangan tambahan melayani lonjakan penumpang pada akhir tahun.
 

Nantinya, Citilink akan menambah penerbangan satu kali satu hari dari yang sebelumnya hanya dua hari sekali.

Garuda Indonesia yang saat ini melayani empat kali dalam Seminggu juga akan melayani penerbangan setiap hari.
 

"Extra flight Citylink untuk tujuan Halim Perdanakusuma-Silangit-Halim Perdanakusuma setiap hari mulai 20 Desember 2018-6 Januari 2019. Sementara Garuda rute Soekarno Hatta-Silangit-Soekarno Hatta setiap hari termasuk Selasa, Kamis, dan Sabtu, mulai 17 Desember 2018-10 Januari 2019," ujar Hendra melalui keterangan tertulis yang diterima Tribun, Minggu (25/11/2018).
 

Nantinya total penerbangan yang dilayani Silangit sebanyak 7 kali dalam satu hari. Dengan rincian: Garuda Indonesia satu kali, Citilink tiga kali, Batik Air satu kali, Sriwijaya satu kali, dan Wings Air satu kali.

Selain itu ada juga penerbangan Susi Air setiap Rabu dengan rute Silangit-Gunung Sitoli.
 

Meyikapi itu, Warga Kawasan Danau Toba menyampaikan apresiasi dan menilai hal itu tepat dilakukan. Apalagi, selain memudahkan para perantau dan wisatawan sekaligus juga dapat meningkatkan ekonomi warga atau pelaku usaha.
 

"Ini tepat sekali, bisa bermanfaat baik ke berbagai sektor," ujar Markus Aritonang, Warga Muara.
 

Namun, di lain sisi dia berhara agar harga tiket yang ditawarkan maskapai tidak melejit. Dengan demikian, pengunjung maupun wisatawan tetap berniat mengunjungi Danau Toba melalui Bandara Internasional Raja Siaingamangara XII, Silangit.

(*/jun/tribun-medan. com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved