Dapat Upah Rp 300 Ribu, Remaja 17 Tahun Nekat Selundupkan Sabu ke Rutan Sidikalang

Upah tersebut diperoleh JM dari seorang warga binaan Rutan Klas IIB Sidikalang bernama Salim, narapidana kasus narkoba.

Dapat Upah Rp 300 Ribu, Remaja 17 Tahun Nekat Selundupkan Sabu ke Rutan Sidikalang
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Seorang remaja berinisial JM (17) warga Jalan Sudirman, Sidikalang, Kabupaten Dairi nekat menyelundupkan sabusabu seberat 66,24 gram ke dalam Rumah Tahanan Negara (Rutan) IIB Sidikalang pada Minggu (25/11/2018) siang, diketahui karena telah mendapat upah sebesar Rp 300 ribu.

Hal itu disampaikan Kasat Res Narkoba Polres Dairi, AKP Robinson Ginting ketika dikonfirmasi ada Senin (26/11/2018) terkait perihal tertangkapnya remaja putus sekolah tersebut.

Menurut Robinson, upah tersebut diperoleh JM dari seorang warga binaan Rutan Klas IIB Sidikalang bernama Salim, narapidana kasus narkoba. Keduanya bertemu beberapa hari sebelumnya, saat JM mengunjungi Salim di dalam Rutan.

"Berdasarkan keterangan tersangka, kenapa ia mau mengantarkan sabusabu ke dalam Rutan, karena telah mendapat upah sebesar Rp 300 ribu," kata Robinson di Mapolres Dairi, Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Senin.

Apalagi antara tersangka yang berperan sebagai kurir dan warga binaan tersebut, telah saling mengenal sebelumnya.

Diketahui sabusabu yang diantar JM ke Rutan Klas IIB Sidikalang, diselundupkan didalam bungkusan makanan ringan. Namun, rencana penyelundupan narkotika itu berhasil digagalkan petugas Rutan yang curiga.

"Kejadian hari Minggu, kan tidak ada jam bertamu. Jadi tersangka JM menitipkan makanan ringan yang dibungkus dalam bentuk kotak kepada petugas. Makanan itu untuk dititipkan kepada warga binaan. Hasil pemeriksaan petugas didalamnya diduga berisi narkoba," kata Karutan Klas IIB Sidikalang, Jhonny H Gultom.

Selanjutnya petugas Rutan menghubungi Sat Res Narkoba Polres Dairi. Hingga akhirnya tersangka JM dan barang bukti sabusabu serta kendaraan sepeda motor Kawasaki Ninja bewarna biru tanpa plat diamankan ke Mapolres Dairi.

"Setelah melihat hasil pemeriksaan, maka diproses lah sesuai ketentuan hukum yang berlaku," ujarnya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved