Peringatan HKN Ke-54, Bupati Karo Berpesan ke Masyarakat Jaga Hidup Sehat

Dengan Germas terjalin kerja sama lintas sektor membentuk masyarakat Indonesia hidup sehat. Akan membangun kemandirian keluarga.

Peringatan HKN Ke-54, Bupati Karo Berpesan ke Masyarakat Jaga Hidup Sehat
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Kepala Dinas Kesehatan Sumut Agustama dan lainnya foto bersama, pada peringatan Hari Kesehatan Nasional, di Taman Mejuah-Juah, Jalan Gundaling, Berastagi, Senin (26/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.COM, BERASTAGI - Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54 tingkat Provinsi Sumatera Utara, yang diselenggarakan di Taman Mejuah-Juah, Jalan Gundaling, Berastagi, Bupati Karo Terkelin Brahmana berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup sehat. Hal ini, sama seperti program pemerintah yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), yang merupakan tindakan sistematis dan terencana dalam berperilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

"Dengan Germas terjalin kerja sama lintas sektor membentuk masyarakat Indonesia hidup sehat. Akan membangun kemandirian keluarga sebagai usaha promotip dan preventip sehingga menciptakan masyarakat berperan aktif dalam pembangunan," ujar Terkelin, Senin (26/11/2018).

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan pemberian secara simbolis kartu JKN KIS kepada masyarakat, komitmen masyarakat untuk tidak BAB sembarangan dan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut Agustama, mengatakan kegiatan HKN bertemakan ‘Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita’ tahun ini, melibatkan lintas sektor dan lintas program termasuk TNI dan Polri. Dirinya menyebutkan peringatan HKN kali ini, ditujukan juga sebagai ajakan kepada warga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk ikut menjalankan program Germas. 

Gubernur Sumut H.Edy Rahmayadi yang diwakili Staf Ahli bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur H.Asren Nasution, mengatakan, kegiatan Germas meliputi melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol. Kemudian memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

"Maka mari refleksikan kembali sejauh mana pembangunan kesehatan yang dilakukan," ucapnya.

Selain peringatan berupa ceremony, pada HKN ini juga diisi dengan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan di beberapa wilayah di Kabupaten Karo. Arsen menyebutkan, kegiatan bakti sosial itu merupakan wujud menggerakkan, mandirikan masyakat untuk mencapai derajat kesehatan yang dimulai dari diri kita masing masing.

"Sehingga pembangunan kesehatan akan terus maju dan menghasilkan masyarakat yang sehat menuju masyarakat Sumut bermartabat," katanya.

Pada kegiatan tersebut, turut dihadiri oleh Sekretaris Dinkes Sumut Ridesman dan jajajaran, perwakilan dinas kesehatan dari beberapa Kabupaten/Kota, perwakilan dari beberapa rumah sakit, serta undangan lainnya.

(cr4/tribun-medan.com) 

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved