Advertorial

Jajaki Skema KPBU, 'Medan Terang Benderang' Perlu Keterlibatan Swasta

Kota merupakan entitas yang tidak bisa terlepas dari kehidupan masyarakat. Kota menjadi tempat berkumpul segala aktivitas dan pemenuhan kebutuhan.

Jajaki Skema KPBU, 'Medan Terang Benderang' Perlu Keterlibatan Swasta

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Kota merupakan entitas yang tidak bisa terlepas dari kehidupan masyarakat. Kota menjadi tempat berkumpul segala aktivitas dan pemenuhan kebutuhan.

Untuk mendukungan kelancaran dari aktivitas masyarakat tersebut, terutama pada malam harinya, suasana terang dari lampu penerangan sangat dibutuhkan.

Untuk itu, Medan sebagai kota metropolitan terbesar nomor tiga di Indonesia, terus berbenah untuk menjadi kota yang ideal bagi masyarakatnya, terutama dari segi penerangan dengan mewujudkan program 'Medan Terang Benderang' hingga ke pelosok.

Tujuannya bukan hanya memperindah kota namun juga berkaitan erat dengan kebutuhan masyarakat, seperti keamanan dan kenyamanan saat beraktivitas.

Saat ini Penerangan Jalan Umum (PJU) yang tersebar di metropolis ini mencapai 9.300 titik. Namun dari jumlah tersebut baru sekitar 20 persen atau 1.800 unit di antaranya yang sudah memakai lampu hemat energi, Light Emitting Diode (LED).

Jumlah ini masih jauh dari harapan, mengingat peralihan penggunaan sistem PJU lampu pijar biasa ke jenis lampu LED merupakan sesuatu yang sangat mendesak bagi pembangunan Kota Medan.

Kajian KPBU

Agar keberadaan PJU dengan peralihan penggunaan lampu LED maksimal, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan sedang melakukan kajian dan perbaikan. Salah satu kajian yang dilakukan dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Skema tersebut, merupakan solusi terkini untuk mengakselerasi pertumbuhan pembangunan dengan melibatkan sektor swasta yang diharapkan mau berinvestasi. Apalagi, PJU tersebut berpengaruh luas dan dampaknya signifikan bagi masyarakat.

Kajian skema KPBU tersebut akan disampaikan ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian ESDM dan diharapkan semoga cepat terwujud.

Halaman
1234
Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved