Advertorial

Menata Ruang Terbuka Hijau Kota Medan, Eksplore Potensi dan Menata Karakteristik Zonasi Taman Kota

Taman Kota adalah ruang terbuka hijau (RTH) yang berada di lingkungan perkotaan dalam skala yang luas dan dapat mengantisipasi

Menata Ruang Terbuka Hijau Kota Medan, Eksplore Potensi dan Menata Karakteristik Zonasi Taman Kota

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Taman Kota adalah ruang terbuka hijau (RTH) yang berada di lingkungan perkotaan dalam skala yang luas dan dapat mengantisipasi dampak-dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan kota dan dapat dinikmati oleh seluruh warga kota.

Sebagai kota metropolitan yang terus mengalami perkembangan dan kemajuan, maka keberadaan taman-taman kota menjadi syarat mutlak yang harus dimiliki Kota Medan.

Secara umum taman mempunyai dua fungsi, yakni fungsi ekologis dan fungsi sosial. Dari segi ekologis, taman kota berfungsi sebagai penjaga kualitas lingkungan kota. Dengan adanya penghijauan maka taman kota dapat berfungsi sebagai paru-paru kota yang menghasilkan banyak 02 dan filter debu dan asap kendaraan bermotor, sehingga dapat meminimalisir polusi udara.

Taman kota juga bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan air tanah, sehingga mencegah datangnya banjir dan erosi serta menjamin pasokan air tanah. Selain itu, juga sebagai peredam kebisingan kota yang padat aktivitas. Pelestarian lingkungan ekosistem.

Sementara dari segi fungsi sosial, taman kota bisa dijadikan tempat komunikasi sosial dan sarana olahraga, bermain, dan rekreasi. Selain itu keberadaan Taman Kota juga bisa dijadikan sebagai landmark sebuah kota yang tentu akan menambah nilai estetika sebuah lingkungan sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah kota.

Taman kota merupakan poin yang sangat penting dalam perencanaan sebuah kota. Selain berfungsi untuk menjaga kualitas lingkungan perkotaan yang padat aktivitas, taman kota dapat menumbuhkan rasa sosialis yang tinggi di dalam lingkungan perkotaan yang kini mengarah pada individualis.

Menumbuhkan rasa toleransi, tidak hanya terhadap sesama manusia melainkan terhadap mahkluk hidup lainnya. Taman yang baik merupakan cerminan kota dengan manusia (masyarakat) yang baik.

Tata Karakteristik Zonasi Taman

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan akan memprogramkan pembenahan tujuh taman aktif secara maksimal. Ini mengingat keterbatasan anggaran di 2017, sehingga perbaikan pada taman-taman yang ada masih bersifat rutin dilakukan.

Untuk tahap awal Dinas Kebersihan dan Pertamanan berencana menata karakteristik Taman Ahmad Yani. Rencananya Taman Ahmad Yani akan dijadikan pusat hiburan. Konsep karakteristik tersebut cocok diterapkan mengingat taman itu sering dijadikan lokasi 'kongkow' anak sekolah, mahasiswa dan kawula muda.

Halaman
1234
Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved