Serahkan APK dari Negara, KPUD Dairi Ingatkan Parpol Pasang di Lokasi yang Benar!

APK yang dicetak KPUD Dairi itu, sesuai dengan desain yang telah mereka terima dari masing-masing parpol maupun penghubung (LO).

Serahkan APK dari Negara, KPUD Dairi Ingatkan Parpol Pasang di Lokasi yang Benar!
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Ketua KPUD Dairi, Sudiarman Manik (tengah) menyerahkan APK kepada pengurus PDI-Perjuangan di Sekretariat KPUD Dairi, Jalan Palapa, Sidikalang pada Rabu (28/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Dairi menyerahkan Alat Peraga Kampanye kepada dua tim sukses Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), 14 partai politik (Parpol) dan juga kepada penghubung Calon Legislatif (Caleg) DPD RI asal Sumut.

Penyerahan itu dilakukan di Sekretariat KPUD Dairi, Jalan Palapa No 5, Sidikalang pada Rabu (28/11/2018) sore.

Komisioner KPUD Dairi, Jenny Ester Pandiangan mengatakan pihaknya menyerahkan APK yang biaya pembuatannya difasilitasi negara. APK yang dicetak KPUD Dairi itu, sesuai dengan desain yang telah mereka terima dari masing-masing parpol maupun penghubung (LO).

"Hari ini (Rabu) kami memberikan dan menyerahkan APK yang dicetak KPUD Dairi kepada pasangan calon presiden, parpol dan juga caleg DPD," kata Jenny, yang diwawancarai seusai kegiatan.

Adapun APK yang diberikan kepada peserta Pemilu 2019 yaitu untuk Pasangan Capres dan Cawapres sebanyak 10 baliho dan 16 spanduk. Begitu juga untuk 14 parpol di Kabupaten Dairi menerima sebanyak 10 baliho dan 16 spanduk.

Sedangkan untuk Caleg DPD hanya diberikan 10 spanduk untuk dipasang di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Dairi.

"Kami serahkan ke peserta Pemilu, supaya memasang APK yang difasilitasi negara sesuai tempat yang sudah ditentukan, supaya tidak menumpuk hanya di satu titik saja," ucapnya.

Bawaslu Dairi, Maimanah Angkat mengatakan pihaknya akan menertibkan APK yang selama ini sudah terpasang, namun tidak sesuai dengan PKPU No 23 tahun 2018 tentang Kampanye Pemilih Umum.

Menurut Maimanah, Bawaslu telah melakukan pendataan terhadap APK yang terpasang secara ilegal di 15 kecamatan di Kabupaten Dairi.

"Ya, dalam waktu dekat kami akan menyurati Satpol PP untuk menertibkan APK yang tidak sesuai aturan tentunya setelah berkoordinasi dengan KPU," ujarnya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved