Petani Sawit di Toba Samosir Meradang, Biaya Perawatan Tinggi Harga Anjlok

Anjloknya harga sudah berlangsung sejak sebulan terakhir. Sebelumnya, harga kelapa sawit berada diangka Rp 1.000 per Kg.

Petani Sawit di Toba Samosir Meradang, Biaya Perawatan Tinggi Harga Anjlok
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Petani kelapa sawit di Desa Hasang Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.COM, TOBASA - Harga kelapa sawit di tingkat petani anjlok, bahkan hanya dihargai Rp 600 per kilogram.

Petani kelapa sawit di Desa Hasang Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir pun meradang.

"Tidak sesuai biaya operasional, harga murah sekali," ujar Jujung Napitupulu, petani kelapa sawit di Hasang, Tobasa, Kamis (29/11/2018).

Menurut Jujung, akibat anjloknya harga ini, petani merugi karena tingginya biaya perawatan kelapa sawit, termasuk mahalnya harga pupuk untuk kelapa sawit.

Anjloknya harga sudah berlangsung sejak sebulan terakhir. Sebelumnya, harga kelapa sawit berada diangka Rp 1.000 per Kg.

Kata Jujung, faktor yang menjadi penyebab anjloknya harga kelapa sawit di desa mereka, terutama akses jalan menuju pabrik yang sangat jauh. Sebab petani harus menjual hasil taninya ke Tebing Tinggi, yang jarak tempuhnya bisa mencapai hingga 10 sampai 11 jam. Hal ini mengakibatkan tingginya biaya pengangkutan yang berdampak pada turunnya harga di tingkat petani.

"Kami jualnya ke Tebing, Pak. Jauh kali dari sini, bisa sampai 10 jam ke Tebing," lanjut Jujung.

Padahal menurut masyarakat, mereka bisa saja menjual hasil taninya ke pabrik terdekat, yang jaraknya hanya sekira 20 Km dari desa mereka yaitu ke Kabupaten Labuhan Batu, namun akses menuju Labuhan Batu yang hanya 20 Km itu sangat sulit, sehingga tidak dapat dilalui kendaraan roda empat.

"Kalau ke situ (Labuhan Batu) dekat Pak, tapi jalannya hancur kali, nggak bisa dilalui truk. Makanya kami terpaksa jual ke pabrik di Tebing Tinggi," ujar petani.

Para petani berharap agar akses jalan menuju Labuhan Batu bisa segera diperbaiki, agar akses petani menuju pabrik bisa lebih dekat yang nantinya berdampak pada peningkatan harga jual kelapa sawit.

(jun-tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved