Tingkatkan Mutu Pembangunan, Pemkab Pakpak Bharat Gelar Bursa Inovasi Desa

Tekki Angkat menjelaskan bahwa Bursa inovasi desa ini merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran (sharing) informasi dari para perangkat desa.

Tingkatkan Mutu Pembangunan, Pemkab Pakpak Bharat Gelar Bursa Inovasi Desa
TRIBUN MEDAN/HO PEMKAB PAKPAK BHARAT
Suasana Bursa Inovasi Desa yang berlangsung di Bale Sada Arih, kompleks Perkantoran Sindeka, Kecamatan Salak. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SALAK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat menggelar Bursa Inovasi Desa yang melibatkan seluruh komponen desa, seperti Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan para pemuka masyarakat. Kegiatan itu berlangsung di Bale Sada Arih, Kompleks Perkantoran Sindeka, Kecamatan Salak, Pakpak Bharat.

Asisten Pemerintahan Pemkab Pakpak Bharat, Tekki Angkat menjelaskan bahwa Bursa inovasi desa ini merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran (sharing) informasi dari para perangkat desa berupa inovasi masyarakat yang dapat berkembang disejumlah desa di Kabupaten Pakpak Bharat.

Menurutnya bursa inovasi ini merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari model pengelolaan inovasi ditingkat Kabupaten.

"Inovasi Desa ini seperti sesuatu yang terdengar baru di Kabupaten Pakpak Bharat. Akan tetapi sesungguhnya Pemkab Pakpak Bharat telah melaksanakan ini sejak lama, bahkan wilayah-wilayah lain banyak yang belajar dari Kabupaten Pakpak Bharat," kata Tekki, Kamis (29/11/2018).

Ia pun berharap kegiatan tersebut dapat menghasilkan sejumlah inovasi yang muncul dari masing-masing desa dengan memanfaatkan potensi yang ada di setiap desa yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Inovasi yang dihasilkan harus alami memanfaatkan potensi desa, dan tidak perlu rumit. Artinya yang sederhana saja bisa menjadi penting asal bisa dimanfaatkan dengan maksimal untuk mempercepat kesejahteraan," ujarnya.

Ia menambahkan, Bursa Inovasi Desa ini juga bertujuan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa yang membutuhkan solusi dari berbagai penyelesaian masalah.

"Sehingga inisiatif atau altenatif yang dihasilkan dari kegiatan pembangunan desa ini, nantinya penggunaan dana desa dapat menjadi lebih efektif dan inovatif," sebutnya.

Sementara itu, kegiatan yang diprakarsai oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa se-Kabupaten Pakpak Bharat ini fokus terhadap tiga bidang, yaitu infrastruktur, ekonomi kewirausahaan dan sumber daya manusia.

Selain itu, Bursa Inovasi Desa ini juga turut dihadiri oleh Tenaga Ahli Kabupaten, Pendamping Desa, Pendamping Desa Teknik Infrastruktur dan Pendamping Lokal Desa.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved