Besok, Kejati Sumut Terima Tahap Dua Tersangka Pungli Pasar Marelan

Empat tersangka akan ditangani oleh dua Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang dibagi dalam dua berkas.

Besok, Kejati Sumut Terima Tahap Dua Tersangka Pungli Pasar Marelan
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Kasipenkum Kejati Sumut, Sumanggar Siagian. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) akan menerima penyerahan tahap dua (P22), empat tersangka kasus operasi tangkap tangan (OTT) pungli Persatuan Pedagang Pasar Marelan (P3TM), dari penyidik Polda Sumut, Senin (3/12/2018) besok.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejatisu, Sumanggar Siagian mengatakan empat tersangka akan ditangani oleh dua Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang dibagi dalam dua berkas.

"Yang tiga orang tersangka, jaksanya Rehulina br Sembiring. Sedangkan satu tersangka jaksanya Abdul Hakim Harahap. Rencananya, senin akan diserahterimakan dari penyidik Polda (Sumut)," ungkapnya kepada Tribun Medan, Minggu (2/12/2018).

Sumanggar menjelaskan, setelah empat tersangka berikut barang bukti diterima kejaksaan, dalam tempo sekurang-kurangnya 10 hari, keempatnya akan dilimpahkan ke pengadilan.

"Tapi kalau menurut kebiasaan di kita (Kejati Sumut), itu 10 atau 15 hari baru kita limpahkan ke pengadilan. Tapi kalau menurut Undang-undang, kita akan buat surat perintah penahanan selama 20 hari kedepan," sebutnya.

Namun Sumanggar enggan membeberkan, satu nama tersangka yang akan ditangani oleh satu JPU dan tiga nama tersangka yang berkasnya terpisah. "Untuk sementara P22 dululah," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Ketua P3TM Aliswan (57) sempat diburon polisi lantaran kabur pasca ditetapkan menjadi tersangka. Ia ditangkap Sabtu (15/9) lalu, di Pagurawan, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara.

Aliswan ditangkap berdasarkan pengakuan anggotanya yang telah terjaring OTT Polda Sumut dan sudah mendekam dalam sel. Ketiganya adalah, Roni Mahera (47), warga Jalan Takenaka Gang Family, Lingkungan V Paya Pasir Marelan, Resty (49), warga Pasar Nippon Siombak Labuhan Deli Marelan dan M Ali Arifin (50), warga Marelan Raya, Lingkungan 7 Rengas Pulau Marelan.

Aliswan disebut-sebut merupakan aktor utama dibalik pungli yang dilakoni tiga pengurus P3TM. 

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved