Ribuan Bikers Nasional dan Mancanegara Berkumpul, Ikut Eksplorasi Wisata Danau Toba

Ribuan bikers dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara, ambil bagian dalam Indonesia International Bikers Gathering.

Ribuan Bikers Nasional dan Mancanegara Berkumpul, Ikut Eksplorasi Wisata Danau Toba
Tribun Medan/Ist
Ribuan Bikers Berkumpul 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR - Ribuan bikers dari berbagai daerah di Indonesia dan juga mancanegara, ambil bagian dalam Indonesia International Bikers Gathering. 

Event ini dilaksanakan di Lapangan Benteng, Medan, Sumatera Utara, 29 November 2 Desember. Para peserta juga mengeksplorasi wialayah Danau Toba dan sekitarnya.

"Para peserta ini diantaranya terdiri dari 200 lebih pengendara Harley Davidson, sekitar 1000 pengendara motor trail, juga 40 puluh peserta modifikasi motor Yamaha seri Max,"ujar Kepala Sub Bidang Destinasi Area I B Sumut, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata- Kementerian Pariwisata lae, Andy Marpaung, Minggu (2/12/2018).

Sesuai dikataka Kepala Sub Bidang Pemasaran Area I Regional I Kementerian Pariwisata, Alfin Merancia, menurut Andy ada beberapa alasan mengapa Kementerian Pariwisata mendukung kegiatan ini. 

"Indonesia International Bikers Gathering tidak bisa dilepaskan dari pariwisata. Ada peserta mancanegara. Selain itu para peserta juga melintasi sejumlah destinasi di Medan dan sekitarnya. Termasuk Danau Toba,” terang Alfin melalui Andy

Selain terpusat di Lapangan Benteng, para peserta juga melakukan konvoi. Harley Davidson Club Indonesia contohnya. Mereka melakukan Road to Danau Toba, 1 Desember 2018.

Berbagai agenda mereka gelar. Seperti pelepasan bibit ikan, penghijauan berupa penanaman bibit pohon aren, bakti sosial donor darah, serta santunan bagi yatim piatu.

Sedangkan komunitas motor trail melakukan Extreme Sumatera Expedition VIII. Kegiatannya berupa bakti sosial pembagian alat olahraga untuk dusun terpencil, juga pembagian komputer untuk sekolah terpencil.

Menurut Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Masruroh, kepedulian ini sangat luar biasa.

“Ini yang kita harapkan. Ada unsur pariwisata dalam kegiatan ini. Tetapi kegiatan sosial tidak lupa digelar. Banyak manfaatnya, makanya Kementerian Pariwisata mendukungnya,” tutur Masruroh yang biasa disapa Iyung.

Pernyataan tidak jauh berbeda disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

“Unsur pariwisata kuat sekali dalam kegiatan ini. Keterlibatan peserta asal mancanegara adalah indikatornya. Yang lebih menyenangkan, deatinasi prioritas Danau Toba juga dikenalkan kepada para peserta. Kegiatan ini menjadi ajang promosi yang sangat efektif,” jelasnya.

(Jun/tribunmedan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved