Soal HET LPG 3 Kg di Toba Samosir, Pemkab Janji Tinjau Ulang

HET yang dianggap terlalu rendah itu akan mengakibatkan oknum pengecer menjual elpiji 3 kg bersubsidi ke luar daerah Kabupaten Tobasa.

Soal HET LPG 3 Kg di Toba Samosir, Pemkab Janji Tinjau Ulang
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Plt Sekdakab Tobasa, Harapan Napitupulu 

Lapiran Wartawan Tribun Medan/Arjuna Bakara

TRIBUN-MEDAN. COM, TOBASA - Harga Eceran Tertinggi (HET) elpiji 3 Kg di Kabupaten Toba Samosir hanya Rp.16.000.

Plt Sekda Pemkab Tobasa, Harapan Napitulu menilai Harga Eceran Tertinggi (HET) itu masih terlalu rendah dibanding beberapa kabupatan/kota tetangga di Kawasan Danau Toba.

"Itu memang sudah murah dibanding daerah lain, tetapi di sisi lain ada juga kelemahannya,"ujar Harapan di Tobasa, Senin (3/12/2018).

Menurutnya HET yang dianggap terlalu rendah itu akan mengakibatkan oknum pengecer menjual elpiji 3 kg bersubsidi ke luar daerah Kabupaten Tobasa. Karenanya, kondisi itu akan ditinjau ulang

"Tentu ini memang harus ditinjau ulang," tambahnya.

Katanya, perbedaan HET elpiji 3 kg dengan kabupaten lain mencapai Rp 3000. Beberapa waktu yang lalu, Pemkab Tobasa juga menerima pengaduan dari masyarakat, bahwa elpiji 3 kg dijual ke daerah lain.

Disebutnya, pengiriman elpiji 3 kg dilakukan oleh oknum pengejer melalui dermaga-dermaga yang ada di Kabupaten Tobasa.

“Setelah kita cek kelapangan, elpiji 3 kg yang dikususkan untuk masyarakat Tobasa, dijual ke kabupaten Samosir dan Tapanuli Utara (Taput) di sekitar daerah Muara. ini akibat HET di daerah itu lebih mahal dari Kabupaten Tobasa,”tambahnya.

Langkanya elpiji 3 kg di Kabupaten Tobasa, kata Sekda sudah beberapa kali dikeluhkan masyarakat. Untuk mengantisipasi kelangkaan elpiji 3 kg menjelang Natal dan tahun baru 2019, Pemkab Tobasa menambah kuota, dan melakukan operasi pasar.

(jun-tribunmedan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved