Suap Bupati Pangonal Harahap, Pengusaha Asiong Menangis Bacakan Pembelaan: Mereka yang Datang. .

Memegang secarik kertas, penyuap Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap ini berupaya mendapatkan keadilan dalam nota pembelaannya.

Suap Bupati Pangonal Harahap, Pengusaha Asiong Menangis Bacakan Pembelaan: Mereka yang Datang. .
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Effendi Syahputra alias Asiong bacakan pledoi di PN Medan, Senin (3/12/2018) pagi 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Mengenakan kemeja batik merahnya, Effendi Syahputra alias Asiong tampak beberapa kali menyeka air mata.

Memegang secarik kertas, penyuap Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap ini berupaya mendapatkan keadilan dalam nota pembelaannya.

Sidang yang berlangsung Senin (3/12/2018) pagi itu, Asiong menyatakan agar keinginannya menjadi Justice Collaborator dikabulkan Majelis Hakim yang dipimpin Irwan Effendi.

"Saya tidak pernah menyuap bupati. Mereka datang kepada saya untuk meminta uang. Saya pun tidak menyuap uang, tapi diminta. Tak pernah meminta proyek, tapi diberi proyek," sebutnya pada sidang yang berlangsung di Ruang Cakra Utama Pengadilan Negeri Medan itu.

Asiong berujar bahwa dalam kasus suap ini, dirinya telah bertindak kooperatif dengan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membongkar praktek permintaan fee proyek oleh Bupati Pangonal Harahap dari tahun ke tahun.

Masih kata Asiong, Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK senilai Rp 500 juta tersebut tidak memiliki barang bukti, karena penerima uang Umar Ritonga (orang kepercayaan Pangonal) masih melarikan diri.

Asiong bercerita, jerat hukum yang dihadapinya berawal saat Thamrin Ritonga, salah seorang tim sukses Pangonal Harahap, datang menemuinya pada 2016. Ketika itu Pangonal sudah terpilih, namun belum dilantik sebagai bupati.

Thamrin meminta Asiong memberikan Rp 7 miliar untuk membayar utang-utang Pangonal semasa kampanye. Pengusaha ini kemudian dipertemukan dengan Pangonal di salah satu hotel di Medan, untuk membicarakan mekanisme pengembalian uang itu nantinya.

"Saya ungkap semua, tidak hanya pada 2018, tapi juga pemberian pada 2016 dan 2017 juga saya ungkapkan," jelas Asiong.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved