Besok, Festival Kopi Sidikalang Dibuka di Tugu Silalahi

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindang) Kabupaten Dairi menggelar Festival Kopi Sidikalang 2018 tanggal 6-7 Desember 2018.

Besok, Festival Kopi Sidikalang Dibuka di Tugu Silalahi
TRIBUN MEDAN/HO
DINAS Perindustrian dan Perdagangan (Disperindang) Kabupaten Dairi menggelar Festival Kopi Sidikalang 2018 tanggal 6-7 Desember 2018. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindang) Kabupaten Dairi menggelar Festival Kopi Sidikalang 2018 tanggal 6-7 Desember 2018. Pembukaan festival ini akan dilaksanakan Kamis (6/12/2018) di Tugu Silalahi, Dairi.

Kepala Disperindang kabupaten Dairi,  Rahmat Syah Munthe  mengatakan, festival ini dilaksanakan dengan berangkat dari kondisi pengembangan industri kopi di dalam negeri yang saat ini cukup terbuka lebar. Apalagi karena potensi konsumsi kopi domestik dan permintaaan kopi dunia terus menanjak.

“Untuk merebut peluang pasar kopi yang cukup besar, maka sudah semestinya kopi Sidikalang juga meningkatkan daya saing mulai dari hulu (budi daya) sampai ke hilir (pengolahan dan pemasaran). Salah satu upaya tersebut dengan menggelar festival kopi,” kata Rahmat, dalam keterangan persnya yang diterima Tribun-Medan.com, Rabu (5/12/2018).

Rahmat mengatakan, ada empat tujuan yang ingin dicapai dengan digelarnya festival ini yakni: sebagai sarana berkumpul dan diskusi antara pelaku usaha dalam rantai nilai kopi untuk peningkatkan kualitas produksi kopi dan pemasaran, memotivasi petani agar melakukan budi daya dan pengolahan terbaik (lomba green bean), sarana promosi (membangun citra) kopi Sidikalang dan sebagai ajang edukasi kepada para konsumen (masyarakat) tentang cara-cara mengonsumsi kopi dengan baik (barista class).

Baca: Jadi Juara Festival Kopi Sidikalang, Koster Tarihoran: Jadi Petani Kopi Itu Memiliki Jiwa Seni

“Kegiatan festival ini merupakan rangkaian acara Festival Danau Toba yang dilaksanakan tanggal 5-8 Desember 2018, yang mana Dairi menjadi tuan rumah. Kegiatan-kegiatan yang digelar antara lain talk show, show barista, hiburan, dan pengumuman juara Festival Kopi Sidikalang,’ kata Rahmat.

Seorang pelaku bisnis di Dairi, Veryanto Sitohang mengatakan, Dairi dikenal sebagai penghasil kopi terbaik di Indonesia. Walau beberapa kota lain juga mengembangkan komoditas serupa tapi kopi Dairi tetap dikenang para penikmat kopi dengan citarasanya yang khas. Saat ini menikmati kopi menjadi gaya hidup generasi millenial dan orang tua.  Peluang ini dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi untuk terus mengembangkan pemasaran kopi.

“Salah satu strateginya melalui festival kopi ini. Sebagai masyarakat Dairi kita mendukung upaya promosi dan membuka pasar global pertanian kopi dairi. Semoga petani semakin sejahtera dan kopi sebagai komoditas Dairi dikenal hingga mancanegara,” kata Veryanto.(*)

Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved