Jelang Natal dan Tahun Baru 2019, Pasokan dan Harga Bahan Pokok di Sumut Terkendali

Untuk mengantisipasi itu lah, kita adakan Rakor ini. Agar ada koordinasi antara pusat, daerah, pelaku usaha dan pihak terkait

Jelang Natal dan Tahun Baru 2019, Pasokan dan Harga Bahan Pokok di Sumut Terkendali
Doc
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Medan/Satia

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN-Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 di Sumatera Utara (Sumut) relatif masih aman dan terkendali.

Begitu juga dengan pasokannya, masih mencukupi hingga beberapa bulan mendatang.
 

Hal itu terungkap dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Identifikasi Barang Kebutuhan Pokok (Bapok) menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, yang dibuka oleh Gubernur Sumut  Edy Rahmayadi, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI),

Provinsi Sumut, Jalan Balaikota, Kota Medan, Rabu (5/12/2018).

“Sebenarnya tidak ada alasan kalau sampai pasokan bapok di Sumut ini kurang. Semua kita tersedia di Sumut ini. Bonus geografis yang diberikan Tuhan untuk Sumut ini luar biasa, sekarang usaha dan kerja keras kita yang harus dimaksimalkan agar kekayaan melimpah ini bisa mensejahterakan rakyat Sumut,” ujarnya.

Sebelumnya, kata Edy, dirinya telah melakukan peninjauan pusat pasar medan bersama Sekjen Kementerian Perdagangan RI Karyanto Suprih dan OPD terkait. Dari hasil tinjauan diperoleh informasi bahwa harga-harga bahan pokok masih stabil. Namun, tidak menutup kemungkinan terjadi gejolak perubahan harga nantinya.

“Untuk mengantisipasi itu lah, kita adakan Rakor ini. Agar ada koordinasi antara pusat, daerah, pelaku usaha dan pihak terkait lainnya dalam mengawal kesiapan kita menghadapi HBKN. Sehingga kebutuhan masyarakat terpenuhi, pelaku usaha tidak dirugikan, inflasi terkendali,” tuturnya.

Sekjen Kementerian Perdagangan RI Karyanto Suprih kemudian mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu ada kekhawatiran dalam menyambut Natal dan Tahun Baru. Sejauh ini, katanya, pasokan dan harga bapok menyambut HBKN di Sumut dipastikan terkendali.

Selain mengunjugi Pusat Pasar Medan, Karyanto beserta rombongan juga melakukan peninjauan di Pasar Modern Transmart dan Carefour serta gudang Bulog Divre Sumut dan gudang distributor setempat. “Hasil pantauan kami menunjukkan harga-harga bahan pokok di Sumut terkendali dan pasokannya cukup untuk menghadapi Natal 2018 dan Tahun Baru 2019,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Satia
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved