Konsulat Jenderal Takeshi Ishii: Kota Medan Miliki Ikatan yang Kuat Persahabatan dengan Jepang

Pemerintah Jepang melalui Konsul Jenderalnya di Medan menyatakan pentingnya hubungan baik dengan Indonesia

Konsulat Jenderal Takeshi Ishii: Kota Medan Miliki Ikatan yang Kuat Persahabatan dengan Jepang
TRIBUN MEDAN/FAHRIZAL FAHMI DAULAY
Konjen Jepang Takeshi Ishii menyerahkan penghargaan dari Menteri Luar Negeri Jepang yang dipersembahkan kepada dua organisasi yaitu, Yayasan Warga Persahabatan cabang Medan dan Persada (Perhimpunan Alumni dari Jepang) cabang Aceh. 

TRIBUN-MEDAN.com -  Pada acara Resepsi Ulang Tahun Kaisar Jepang Akihito ke 85, Pemerintah Jepang melalui Konsul Jenderalnya di Medan menyatakan pentingnya hubungan baik dengan Indonesia setelah hubungan diplomatik yang terjalin selama 60 tahun.

"Tahun ini merupakan tahun peringatan ke 60 hubungan diplomatik antara jepang dan Indonesia. Selain itu, kami menyadari bahwa kedua negara baik Jepang maupun Indonesia ataupun Jepang dengan Kota Medan memiliki ikatan yang kuat dan hubungan persahabatan yang sudah terjalin dalam jangka waktu yang lama," kata Konsul Jenderal Jepang Takeshi Ishii pada sambutannya di Hotel Grand Aston, Jl. Balai Kota No. 1 Medan, Selasa (4/12/2018).

Menurut Takeshi Ishii banyak perayaan peringatan hubungan diplomatik kedua negara yang dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia termasuk di Medan.

Sebagai perayaan peringatan juga telah dilaksanakan dengan sukses. Beragam kegiatan diselenggarakan dalam peringatan hubungan Indonesia-Jepang. 

Mulai dengan pertunjukan alat musk tradisional Jepang pada bulan Januari, acara diskusi alamni AOTS Indonsia pada bulan April sampai acara tahunan seperti festival kebudayaan Jepang dan lomba pidato bahasa Jepang.

"Acara pengenalan dan pameran budaya dan ceramah yang dilaksanakan oleh Konsulat Jenderal Jepang di Medan dan Medan Japan Club," katanya.

Katanya, seluruh perayaan peringatan tersebut dihadiri oleh banyak pejabat penting. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas kehadirannya.

"Pada resepsi tahun ini kami telah berupaya agara semua orang yang hadir pada malam ini bisa menikmati suasan seperti di Jepang. Kami juga berharap agara para hadirin bisa menikmati sepenuhnya nuansa Jepang yang sebenarnya berada di Kota Medan ini," ujar Takeshi Ishii.

Acara resepsi Ulang Tahun Kaisar ini juga dihadiri oleh banyak pejabat dari berbagai bidang antara lain, yang mewakili Gubernur Sumatera Utara, yaitu Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Setda Provsu, Ibnu Sri Hutomo, Walikota Medan, Dzulmi Eldin, Bupati Serdang Bedagai, Soekirman, Konsul Jenderal dan Konsul negara sahabat, dan tamu kehormatan lainnya.

Acara ini diawali dengan lantunan lagu Indonesia Raya dan Kimigayo yang disenandungkan oleh paduan suara El Shadai.

Acara dilanjutkan dengan kampai (toast) yang dipimpin oleh Konsul Jenderal Jepang  dan disusul para tamu undangan. 

Khusus pada acara resepsi ulang tahun kaisar kali ini, ada penyerahan penghargaan dari Menteri Luar Negeri Jepang yang dipersembahkan kepada dua organisasi yaitu, Yayasan Warga Persahabatan cabang Medan dan Persada (Perhimpunan Alumni dari Jepang) cabang Aceh.

Dengan adanya acara atau kegiatan seperti ini, diharapkan kedepannya hubungan Jepang – Indonesia akan semakin erat lagi dalam berbagai bidang.

Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved