Milad Ke-88 Al Washliyah: Jaga Persaudaraan untuk Membangun Bangsa

Syaiful Akhyar Lubis dalam kata sambutannya mengungkapkan jika acara ini adalah acara yang spesial

Milad Ke-88 Al Washliyah: Jaga Persaudaraan untuk Membangun Bangsa
Tribun-Medan / Nanda Rizka Nasution
Kanwil Kemenag Sumatera Utara H Iwan Zulhami SH MAP, Pemenang ketiga Kepala Madrasah Tingkat Nasional 2018 Juli Iswanto MpdI, serta Bendahara PW Al Washliyah Sumut sekaligus Bupati Batubara Terpilih Ir H Zahir MAP diberikan upah-upah oleh para petinggi Al Washliyah. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Nanda Rizka S Nasution

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Bertemakan Menjaga Persaudaraan untuk Membangun Bangsa Berakhlak Mulia, Al Jamiyatul Washliyah peringati acara HUT Ke 88, Rabu (5/12/2018). 

Bertempat di Garuda Plaza Hotel Jalan Sisingamangaraja No 18, Kota Medan, ada beberapa rangkaian acara yaitu Tabligh akbar, rapat koordinasi, dan hari ini puncak ulang tahun Al Jamiyatul Washliyah.

Ketua Pengurus Wilayah Alwashliyah Sumatera Utara Prof Syaiful Akhyar Lubis dalam kata sambutannya mengungkapkan jika acara ini adalah acara yang spesial mesikupun dilakukan dengan sederhana.

"Ini adalah adalah acara yang penuh makna. Sesuatu yang sangat membahagiakan. Melajutkan kiprah dan kontribusi demi menjunjung cita-cita pendiri yang telah dicanangkan sejak 88 tahun yang lalu," tuturnya.

Tema yang digalakkan ini, lanjutnya, harus dilakui dalam proses yang benar-benar dijiwai oleh semua, "Saya ingin memulainya dengan taaruf. Apa sebenarnya Al Washliyah, apa yang harus dilakukan dan apa cita-citanya. Sifat mengenal harus dilakukan dengan baik agar tidak carut marut."

Ia mengajak mari kita kenali diri kita sendiri apapun jabatan serta fungsi. Sama-sama berperan penting mewujudkan cita-cita Al Washliyah yang hidup zaman berzaman.

"Kedua, saling memahami. Boleh ada saling perbedaan antar kita maupun dengan yang lain. Yang perlu dipahami adalah bukan harus menjadikan kita berkeping-keping. Sayang sekali jika hal yang sudah dibangun dengan baik, dibiarkan hancur," jelasnya.

Hal tersbut adslah tanggungjawab sebagai anggota dan pengurus untuk mewujudkan cita-cita pendiri.

"Harus diiringi dengan Tabayyun. Yang baik menghindarkan suudzon. Yang akan mendatangkan hal-hal yang lebih buruk. Ketidakutuhan dan ujaran kebencian. Bangun budaya dengan kuat yang dibangun dari komunitas sendiri. Informasi harus didapatkan dengan baik. Fikirkan dan diskusikan. Meskipun hal baik menurut kita, belum tentu baik menurut yang lain," terangnya.

Momen pertambahan usia ini, katanya, mari sadari hal-hal yang belum maksimal dilaksanakan agar dijalankan dengan semaksimal mungkin.

"Jika kita bisa merawat persaudaraan ini, kita akan bisa menjadi bangsa bisa mencerminkan akhlak yang mulia. Membawa kesejukan dalam berbangsa, beragama dan bernegara. Tekadkan Al Washliyah untuk masa depan yang bermartabat, bermarwah dengan landasan akhlakul kharimah yang akan menjamin hidup zaman ke zaman. Semoga kedepannya Al Washliyah menjadi panutan, buah hati, bangsa agama dan negara Republik Indonesia tecinta ini," pungkasnya.

Milad Ke-88 tersebut juga dihadiri oleh Ketua Umum PB Al Washliyah Dr H Yusnar Yusuf Rangkuti, Sekretaris PQ Al Washliyah Sumut H Isma Padli A Pulungan SAg SH MH, Kepala Dinas dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Utara Aspan Sofian MM, AKBP Parluatan Siregar, Rektor Universitas Al Washliyah Labuhan Batu.

Dalam acara tersebut, tiga orang pengurus diberikan upacara Upah-upah. Pemberian selamat dilakukan kepada kader Al Washliyah yang menempati jabatan serta prestasi baru yaitu Kanwil Kemenag Sumatera Utara H Iwan Zulhami SH MAP, Pemenang ketiga Kepala Madrasah Tingkat Nasional 2018 Juli Iswanto MpdI, serta Bendahara PW Al Washliyah Sumut sekaligus Bupati Batubara Terpilih Ir H Zahir MAP.

(cr17/tribun-medan.com)

Penulis: Nanda Rizka Nasution
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved