Penghina Suku Batak Tampil tanpa Kumis, Dituntut Jaksa Dua Tahun Penjara

Perbuatan terdakwa bersalah melanggar Pasal 28 ayat (2) Jo pasal 45A ayat (2) UURI No 19 tahun 2016 Perubahan atas UURI Nomor 11 Tahun 2008"

Penghina Suku Batak Tampil tanpa Kumis, Dituntut Jaksa Dua Tahun Penjara
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Faisal Abdi, Penghina Suku Batak dituntut dua tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum Randy di PN Medan, Rabu (4/12/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Faisal Abdi Lubis, pelaku penghinaan suku Batak tampak lemas usai Jaksa Penuntut Umum (JPU) Randy Tambunan menuntutnya dengan pidana penjara selama 2 tahun, Denda 20 juta subsider 3 bulan kurungan pada persidangan yang digelar di ruang Cakra 8 Pengadilan Negeri Medan.

JPU Randy yang dalam tuntutannya membacakan secara singkat poin penting dalam tuntutannya, menyatakan perbuatan Faisal Abdi terbukti bersalah meresahkan masyarakat Batak.

"Perbuatan terdakwa bersalah melanggar Pasal 28 ayat (2) Jo pasal 45A ayat (2) UURI No 19 tahun 2016 Perubahan atas UURI Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE," ucap Randy dalam tuntutannya.

Sejak Sidang yang berlangsung, Rabu (5/12/2018) sore ini dimulai, tampak Faisal Abdi telah siap mendengarkan tuntutan yang disematkan kepadanya. Pada persidangan kali ini, Faisal tampak rapi lantaran memotong kumisnya.

Baca: Akhirnya si Penghina Etnis Batak di Facebook, Faisal Abdi Berhasil Ditangkap Polda Sumut

Faisal Abdi
Faisal Abdi (Tribun Medan / M Andimaz Kahfi)

Usai mendengarkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum, Majelis hakim yang dipimpin Sariyana meminta tanggapan Faisal terhadap tuntutan tersebut.

"Minta waktu seminggu buat pembelaan yang mulia," singkat Faisal.

Mendengar tanggapan Faisal tersebut, langsung Majelis hakim menutup sidang yang berlangsung singkat tersebut.

Dalam perkara ini, Faisal mengaku dirinya hanya membalas postingan hoax sebuah akun di grup Facebook Suku Batak.

"Saat itu menyebutkan bahwa Djoss menang 77 persen dari Eramas 23 %. Itu kan aslinya Eramas yang menang makanya spontan saya balas dengan kalimat seperti itu," ucap Faisal

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved