Penyandang Disabilitas Mental Penting Ikut Pemilu, Simak Alasannya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelumnya mendata penyandang disabilitas mental atau tunagrahita, ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019

Penyandang Disabilitas Mental Penting Ikut Pemilu, Simak Alasannya
TRIBUN MEDAN/HO
Koordinator Daerah Sumatera Utara JPPR, Darwin Sipahutar (tengah). 

MEDAN,TRIBUN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelumnya mendata penyandang disabilitas mental atau tunagrahita, ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

Masalah ini kemudian menuai polemik di tengah masyarakat. Banyak masyarakat yang salah persepsi terkait penyandang disabilitas mental ini.

"Banyak dari kita yang menganggap naiknya angka penyandang disabilitas, termasuk dengan para penyandang disabilitas mental yang ada di jalanan itu.

Jangan salah persepsi dulu. Semua ada klasifikasinya, apakah ia memenuhi syarat atau tidak, terdaftar atau tidak," kata Koordinator Daerah Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Sumatera Utara, Darwin Sipahutar, Selasa (4/12).

Darwin memaparkan, menurut Undang-Undang RI Nomor 8 Tahun 2016, penyandang disabilitas terbagi dalam beberapa klasifikasi.

Ada penyandang disabilitas fisik, intelektual, mental dan sensorik.

Penggolongan disabilitas tersebut, lanjut Darwin, ditentukan oleh tenaga medis sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca: Ibu Ini Gendong Anaknya Penyandang Disabilitas untuk Ikuti Ujian Masuk Universitas, Ini Videonya

"Mereka punya hak politik. Baik memilih, dipilih dalam jabatan publik. Mereka berhak menyalurkan aspirasinya," kata Darwin.

Ia menjelaskan, KPU dan institusi terkait memiliki tanggung jawab yang besar, dalam proses pendataan penyandang disabilitas mental yang memenuhi syarat untuk memilih.

"KPU dalam hal ini menggandeng Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Jiwa untuk mendata serta mengeluarkan surat keterangan.

Halaman
123
Editor: Array A Argus
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved