15 Ribu Keping Blanko e-KTP Sudah Dibagikan pada Program GISA, Jumlah Pendaftar Mencapai 35 Ribu

blanko yang dipersiapkan hanya 20 ribu keping, dirinya berjanji akan menuntaskan semuanya. Pencetakan KTP sampai saat ini juga masih dilakukan.

15 Ribu Keping Blanko e-KTP Sudah Dibagikan pada Program GISA, Jumlah Pendaftar Mencapai 35 Ribu
TRIBUN MEDAN/SATIA
Kepala Disdukcapil Sumut, M Ismael Parenus Sinaga 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Satia

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Sebanyak 15 ribu keping blanko Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik sudah dibagikan kepada masyarakat, di Gedung Serba Guna, Jalan Wiliam Iskandar, Deliserdang, Sumatera Utara.

Pembagian ini dilakukan pada program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, melalui Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sumut.

Kegiatan ini mulai dilaksanakan 3 -6 Desember, dan hari ini bukan yang terkahir, tetapi besok masyarakat masih bisa datang untuk pengurusan KTP.

Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Sumut M Ismael Parenus Sinaga menyampaikan, hingga kini sudah ada 35 ribu masyarakat yang melakukan pendaftaran. Namun, blanko yang dipersiapkan hanya 20 ribu keping, dirinya berjanji akan menuntaskan semuanya. Pencetakan KTP sampai saat ini juga masih dilakukan, sampai esok harinya.

"pendaftaran registrasi masih kita lakukan sampai hari ini, cuman kita batasi tadi sampai jam 12. Tapi untuk pencetakan tetap akan dilakukan sampai saat ini. Memang belum semua kita cetak, maksimal kitakan 20 ribu keping blanko seperti di awal, tetapi saat ini sudah membludak pendaftaran mencapai 35 ribu," kata dia, melalui sambungan telepon genggam, kepada Tribun Medan, Kamis (6/12/2018).

Ismael menyampaikan, saat ini terhitung sudah ada 15 ribu keping blanko yang sudah dibagikan kepada masyarakat, baik itu perekaman ulang bagi yang belum memiliki data identitas, dan juga kepada yang melakukan pergantian KTP.

"Untuk yang sudah dibagikan 15 ribu keping blanko sudah dibagikan kepada masyarakat. Besok kita bagi di gedung serba guna, kita juga sudah mengumumkan melalui papan pengumuman pada akses pintu masuk," katanya.

Dirinya mengatakan, saat ini sudah ada pengumuman yang diberitahukan kepada masyarakat melalui media papan yang diletakkan di depan akses masuk gedung. Papan pengumuman tersebut bertuliskan, bagi masyarakat yang belum mendapatkan KTP Elektronik bisa mengambil atau mengurusnya di Kantor Disdukcapil Provinsi Sumut.

"Cuman bagi yang belum siap hari atau besok, dapat mengambil blanko KTP di kantor Disdukcapil Provinsi Sumatera Utara, saya sarankan, kalau memang tidak sempat datang, Senin saja, karena terus kita akan cetak sampai hari Senin blanko KTP," ujarnya.

Situasi di lokasi masih sama seperti hari-hari sebelumnya, masyarakat rata-rata melontarkan kekecewaan kepada petugas, lantaran pengerjaan lamban. Masyarakat merasa kecewa lantaran sudah menunggu dari pagi untuk mendapatkan KTP Elektronik, bahkan ada pula yang sudah menunggu dari hari sebelumnya tetapi hingga saat ini belum selesai.

"Biasalah, di lokasi masih sama seperti kemarin, paling adanya ribut-ribut kecil lah, namanya juga orang Medan kalau suara besar bukan berarti marah, ini Medan bung, ini kultur kita," katanya.

(cr19/Tribun-Medan.com)

Penulis: Satia
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved