386 Nama Caleg Kota Binjai Tervalidasi

Sebanyak 386 nama tersebut telah tervalidasi dan akan berlaga dalam Pemilihan Legislatif.

386 Nama Caleg Kota Binjai Tervalidasi
TRIBUN MEDAN/DEDY KURNIAWAN
Komisioner KPU Binjai Divisi Teknis Risno Fiardi dan Operator Silon KPU Binjai Abdul Hakim Daulay, Kamis (6/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Komisioner KPU Binjai melakukan vaksinasi kepada 386 nama para calon anggota legislatif (caleg) di Kota Binjai. 

Sebanyak 386 nama tersebut telah tervalidasi dan akan berlaga dalam Pemilihan Legislatif, 17 April 2019 mendatang.

Pengecekan validasi ini langsung dilakukan oleh Komisioner KPU Binjai Divisi Teknis Risno Fiardi dan Operator Silon (Sistem Informasi Pencalonan) KPU Binjai Abdul Hakim Daulay, di Jakarta, Rabu (5/12/2018)

"Hasil pengecekan diketahui nama-nama caleg yang tertera dalam dummy surat suara telah cocok dengan SK Daftar Calon Tetap (DCT)," kata Risno, Kamis (6/12/2018) sembari menambahkan bahwa kegiatan ini dalam rangkaian Validasi Surat Suara Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2019, yang digelar mulai 4-5 Desember secara nasional.

Risno menyampaikan, pengecekan dilakukan dengan memeriksa nama-nama caleg tiap daerah pemilihan. Pemeriksaan bahkan dilakukan dengan memeriksa ejaan nama, gelar akademik, keagamaan, nomor urut, partai politik.

"Selain validasi, juga dilakukan sinkronisasi antara SK DCT dengan Silon untuk memastikan kesesuaian nama-nama caleg dalam aplikasi. Nantinya, aplikasi tersebut bisa diakses oleh masyarakat melalui portal informasi infopemilu.kpu.go.id," jelasnya.

Sebelumnya Ketua KPU RI, Arief Budiman yang hadir dalam pembukaan acara menegaskan kepada para peserta validasi untuk bekerja dengan hati-hati dan teliti. Menurutnya, kecerobohan kecil bisa berakibat fatal sehingga diminta tuntas dalam melakukan validasi dan sinkronisasi.

Hal yang sama juga disampaikan Anggota KPU RI Divisi Teknis Penyelenggaraan, Ilham Saputra. Dia meminta agar peserta serius, dan melarang pulang apabila aplikasi Silon belum sinkron dengan SK DCT.

Menurutnya hal tersebut penting agar surat suara bisa tidak ada permasalahan salah cetak. Selain KPU Binjai, kegiatan ini diikuti 10 provinsi, 33 kota dan 137 kabupaten.

(dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved