Ketua BKOW Imbau Caleg Wanita Peduli terhadap Kaum Perempuan

Agar syarat kuota perempuan yang telah ditetapkan sebelum penentuan Daftar Calon Tetap oleh KPU tidak hanya formalitas belaka.

Ketua BKOW Imbau Caleg Wanita Peduli terhadap Kaum Perempuan
TRIBUN MEDAN/FATAH BAGINDA GORBY
Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Sumatera Utara (Sumut) periode 2016-2021 dan Ketua Pergerakan Wanita Nasional Sumut (Perwanas), Kemalawati. 

Laporan Wartawan Tribun-Medan/Fatah Baginda Gorby

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Sumatera Utara (Sumut) periode 2016-2021 dan Ketua Pergerakan Wanita Nasional Sumut (Perwanas), Kemalawati mengingatkan para caleg wanita di berbagai parpol agar tak melupakan keberpihakannya untuk kaum ibu.

Menurut Kemalawati hal itu dilakukan agar syarat kuota perempuan yang telah ditetapkan sebelum penentuan Daftar Calon Tetap oleh KPU tidak hanya formalitas belaka.

"Partai politik memiliki tanggung jawab yang besar untuk memberikan pendidikan politik kepada kaum ibu ini. Saya melihatnya masih banyak yang minim pengalaman dan baru terjun ke politik," ujar Kemalawati saat ditemui di Sekretariat BKOW,Kamis (6/12/2018).

Minimnya pengalaman, lanjut Kemalawati membuat para caleg wanita tidak bisa menyelami aspirasi kaum ibu di masyarakat.

"Pendidikan politik yang dilakukan para politisi handal di parpol pasti lebih efektif karena memiliki pengalaman. Akan berbeda jadinya bila pelatihan diberikan oleh akademisi yang belum pernah terjun ke dalam pentas politik,"ucapnya.

Menurut Kemalawati,nantinya para konstituen dapat memilih para caleg wanita yang bertarung ini secara rasional dengan melihat visi, misi serta programnya.

"Pemilih akan tahu para caleg yang memiliki keberpihakan yang jelas, bila melihat visi, misi serta programnya," ungkapnya.

Terkait pemilih wanita menurut Kemalawati mesti dididik untuk mandiri dalam menentukan pilihan, tidak mudah diperalat dan menggunakan pilihannya dengan logika.

"Perempuan harus bisa berdikari di bidang ekonomi, tidak menjadi korban kekerasan dari orang terdekatnya dan berani mengambil keputusan," jelasnya.

Kemalawati berharap kiprah para caleg wanita bila nantinya terpilih menjadi wakil rakyat dapat menjado cermin pergerakan kaum wanita.

"Jangan pilih lagi para caleg incumbent yang 'mati rasa' terhadap kaum perempuan tidak mendengar keluh kesahnya. Mari pilih caleg wanita yang berkarakter memiliki kepribadian dan keberpihakan yang jelas," pungkasnya.

(gov/tribun-medan.com)

Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved