KPU Sumut Pastikan Distribusi Logistik Pemilu Mulai Rampung

saat ini distribusi logistik seperti bilik suara dan kotak suara di 33 Kabupaten/Kota sudah dilakukan.

KPU Sumut Pastikan Distribusi Logistik Pemilu Mulai Rampung
Facebook
Ketua KPU Sumut, Yulhasni. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara terus merampungkan sejumlah persiapan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Distribusi logistik juga dipastikan mulai rampung, dan telah siap menyambut Pemilu 2019 yang sebentar lagi akan dihelat.

Ketua KPU Sumut Yulhasni mengatakan, saat ini distribusi logistik seperti bilik suara dan kotak suara di 33 Kabupaten/Kota sudah dilakukan. Pihaknya tinggal menunggu surat suara dari KPU RI.

"Hampir selesai semuanya. Soal surat suara, belum bisa dipastikan kapan akan tiba di Sumut. Karena masih menunggu perampungan Daftar Pemilih Tetap yang hingga kini masih bergulir," kata Yulhasni, Kamis (6/12/2018).

"Setelah DPT selesai, kita menunggu kabar dari KPU RI," ujarnya.

Masih kata Yulhasni, pengadaan logistik oleh KPU RI meliputi kotak suara, bilik suara, tinta dan segel. Sementara perlengkapan lainnya seperti karet, paku, bantalan dan perlengkapan lainnya pada TPS pengadaannya dilakukan oleh KPU kabupaten/kota.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Medan Agussyah Damanik mengatakan, logistik Pemilu 2019 sudah 80 persen yang tiba di Kota Medan. Tepatnya di gudang logistik yang berlokasi di gudang eks kargo Bandara Polonia, Kota Medan.

"Saat ini logistik dari KPU RI yang sudah mereka terima yakni 31.292 kotak suara, 22.599 bilik suara, 12.698 tinta dan 175.000 segel. Dari jumlah ini, masing-masing item masih memiliki kekurangan jumlah dari yang dibutuhkan di Kota Medan," katanya

Jumlah kebutuhan kotak suara menurutnya sekitar 32.275 buah sehingga kurang sekitar 983, kemudian kebutuhan bilik suara sekitar 23.239 hingga masih kurang 640, kemudian kebutuhan tinta sebanyak 12.784 sehingga masih kurang 86.

"Paling banyak adalah kebutuhan segel yang masih kurang sekitar 486.162 unit. Akan dirampungkan hingga akhir tahun ini. Jumlahnya sendiri masih berpotensi bertambah mengingat proses pembaharuan data pemilih juga masih berlangsungnya perbaikan data pemilih," tutup Agussyah.

(cr9/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved